As Shoro Al Ijtima' I Fi Riwayat Hamamah Salam Li Najib Al Kaylani (dirasah Tahliliyyah Fi 'ilm Al Ijtima' Al Adabiy)

Annisa Sulistyaningrum Kholifa, NIM. 14110122 (2019) As Shoro Al Ijtima' I Fi Riwayat Hamamah Salam Li Najib Al Kaylani (dirasah Tahliliyyah Fi 'ilm Al Ijtima' Al Adabiy). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (As Shoro Al Ijtima' I Fi Riwayat Hamamah Salam Li Najib Al Kaylani (dirasah Tahliliyyah Fi 'ilm Al Ijtima' Al Adabiy))
14110122_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (As Shoro Al Ijtima' I Fi Riwayat Hamamah Salam Li Najib Al Kaylani (dirasah Tahliliyyah Fi 'ilm Al Ijtima' Al Adabiy))
14110122_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul As- Shiro’ al-Ijtima’I fi Riwayat Hamamah Salam li Najib al-Kaylani ( Dirasah Tahliliyyah fi ‘Ilm al-Ijtima’ al-Adabiy) ini menyajikan analisis pada novel Hamamat Salam karya Najib al Kailany dengan menggunakan analisis sosiologi sastra. Novel ini berisi tentang konflik sosial yang dialami oleh tokoh utama. Peneliti akan menjawab 3 masalah mendasar, yaitu masalah konflik sosial, kemudian dampak konflik sosial,dan resolusi konflik sosial pada novel tersebut. Novel ini akan dianalisis dengan menggunakan analisis sosiologi sastra karena penelitian ini meneliti mengenai konflik sosial yang terdapat dalam novel Hamāmat Salām karya Najib Kaylani. Objek penelitian ini adalah konflik sosial yang terdapat dalam novel Hamāmat Salām karya Najib Kaylani. Wujud data dalam penelitian ini berupa kata, frase, dan kalimat yang terdapat dalam novel Hamāmat Salām karya Najib Kaylani. Sumber data dalam penelitian ini adalah konflik sosial dalam novel Hamāmat Salām karya Najib Kaylani yang diterbitkan oleh Darol Sahoh, tahun terbit 2015 dengan tebal 95 halaman. Untuk teknik analisis data, diawali dengan pembacaan novel secara berulang-ulang. Kemudian disusul dengan mengklasifikasikan data baik berupa kata, frase, maupun kalimat yang mengandung konflik sosial ke dalam kartu data, yang selanjutnya akan dianalisis. Kesimpulan penelitian ini menunujukan bahwa konflik sosial yang terdapat dalam Novel Hamamat Salam digambarkan melalui sosok Haji Abdul Wadud yang menjadi tuan tanah di desanya. Adapun konflik yang ditemukan dalam novel tersebut berupa konflik individual antara Haji Abdul Wadud dengan orang-orang terdekatnya dan juga konflik kelompok, yaitu dengan penduduknya dan orang-orang miskin yang bekerja di tanahnya. Konflik sosial akhirnya dapat terselesaikan dengan kesungguhan orang-orang terdekatnya, termasuk istri, anak, dan syekh Abdul Baqi. Kata Kunci: Sosiologi – Konflik Sastra – Hamamah Salam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Uki Sukiman, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Sosiologi – Konflik Sastra – Hamamah Salam
Subjects: Kesusastraan Arab > Sosiologi Sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Sep 2020 13:17
Last Modified: 25 Sep 2020 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41076

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum