Lathifatut Thoyibah, NIM.: 02421069-00 (2006) KONSEP INDIVIDUALIZED INSTRUCTION DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (Konsep INDIVIDUALIZED INSTRUCTION dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta)
02421069-00_BAB I_IV_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Konsep INDIVIDUALIZED INSTRUCTION dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta)
02421069-00_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskipsikan secara kritis tentang konsep individualized instruction dan aplikasinya dalam pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah Sapen. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempumakan sistem pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep individualized instruction dalam pembelajaran bahasa Arab didasarkan pada analisa mendasar yang mengacu pada perbedaan individu, yang menjadi bagian dari dasar konsep individualized instruction tersebut, adapun secara umum dalam penelitian konsep individualized instrucsion mencakup; perbedaan individu, pengertian perbedaan individu, jenis perbedaan individu, individualitas anak, aspek-aspek prilaku individu, prinsip individu dan sistem individual, yang mana konsep ini saling ada keterkaitan satu sama lain yang saling mendukung dimungkinkannya untuk mengaplikasikan individualized instruction. (2) Aplikasi individualized instruction dalam pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah Sapen Y ogyakarta dilihat dari lima langkah, pertama Peranan guru dalam pembelajaran bahasa Arab di mana guru tidak hanya sebagai penyaji informasi akan tetapi guru hams pandai memanfaatkan lingkungan kelas atau alat peraga lain sebagai suatu obyek permasalahan yang memberikan stimulus murid untuk belajar agar kelas menjadi hidup. Selain tersebut guru pun hams penuh inisiatif dan kreatif, dan berperan sebagai pengajar (Instruktional), pendidik (educational), pemimpin (managerial). Peran guru tersebut didukung dengan proses belajar mengajar (PBM) Bahasa Arab tradisional, mendidik dasar dan mendidik kreatif; yaitu PBM yang sabyek pendidikannya dengan menggunakan KBK dan dengan menggunakan multi metode. Kedua, Bimbingan belajar dilakukan terhadap siswasiswa dengan cara menjalin konsolidasi antara guru dan siswa sehingga dapat memperlancar pembelajaran bahasa Arab. Ketiga, Akselerasi dan program pengayaan terhadap siswa-sisawa yang pandai yang difasilitasi dengan program PATAS (Cepat Tuntas), sedangkan program pengayaan dengan cara anak didik yang pandai diberi soal di rumah atau dalam kelas.Keempat, Program perbaikan (remedial) terhadap siswa yang kurang pandai dengan cara meningkatkan intensitas interaksi guru dan siswa. Kelima, perpustakaan yang memadai untuk studi individu. Keenam,supervisi individualisasi dalam pembelajaran bahasa Arab.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Sembodo Ardi Widodo, M. Ag. |
| Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab; pengayakan; akselerasi |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.78 Bahasa Arab - Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | dra. Retno Wuri W |
| Date Deposited: | 25 Nov 2020 13:50 |
| Last Modified: | 18 Feb 2025 10:12 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41341 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
