PENGARUH TINGKAT KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X JURUSAN BAHASA MAN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Farzaq Minhajul Abidin, NIM.: 14420086 (2020) PENGARUH TINGKAT KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X JURUSAN BAHASA MAN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TINGKAT KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X JURUSAN BAHASA MAN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020)
14420086_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TINGKAT KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X JURUSAN BAHASA MAN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020)
14420086_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kecerdasan linguistik Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X Jurusan Bahasa MAN 1 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya dengan angket tes kecerdasan linguistik, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam perhitungan analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Sebagaimana hasil tes yang telah dilakukan bahwa didapatkan 3 sub kelompok kecerdasan linguistik siswa siswi kelas X jurusan Bahasa di MAN 1 Yogyakarta, yaitu 23,9% siswa atau sepadan dengan jumlah 7 orang siswa memiliki kecerdasan linguistik yang tinggi, 31,7% siswa atau sepadan dengan jumlah 11 orang siswa memiliki kecerdasan linguistik rendah, dan 44,2% siswa atau sepadan dengan 14 orang siswa memiliki kecerdasan linguistik yang sedang. 2) Pengaruh tingkat kecerdasan linguistik dengan hasil pembelajaran bahasa Arab yang dimiliki oleh siswa siswi kelas X jurusan Bahasa di MAN 1 Yogyakarta Hasil dari analisis tersebut dapat diketahui Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tingkat kecerdasan linguistik memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar bahasa Arab. Artinya apabila variabel tingkat kecerdasan linguistik meningkat maka prestasi belajar bahasa Arab juga akan meningkat, begitu pula sebaliknya apabila variabel tingkat kecerdasan linguistik menurun maka prestasi belajar bahasa Arab juga akan menurun. Hal ini berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana yang telah dilakukan Hasil uji R Square pada penelitian diperoleh nilai R Square sebesar 0,109. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar bahasa Arab di pengaruhi oleh variabel kecerdasan linguistik sebesar 10,9% sedangkan sisanya 89,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Selain dari hasil analisis data tersebut, berdasarkan data hasil wawancara bahwa guru bahasa Arab belum memperhatikan tingkat kecerdasan linguistik siswa di dalam pembelajaran, dan siswa pun tidak terlalu mengetahui dan memahami mengenai kecerdasan linguistik sehingga presentasi pengaruh tingkat kecerdasan linguistik terhadap prestasi belajar masih sangat kecil. Terdapat berbagai faktor lain yang berpengaruh terhadap hasil prestasi belajar bahasa Arab selama 1 semester yang telah dilaksanakan ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdung, M.Si
Uncontrolled Keywords: kecedasan linguistik; prestasi belajar; bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 30 Mar 2021 08:44
Last Modified: 30 Mar 2021 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41413

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum