Pengaruh Pembelajaran Kimia Realistik Terhadap Sikap Dan Kemandirian Siswa Di Kelas XI MAN Wonokromo Bantul Tahun Ajaran 2005/2006

Siti Ngaisah, NIM.: 00440014 (2006) Pengaruh Pembelajaran Kimia Realistik Terhadap Sikap Dan Kemandirian Siswa Di Kelas XI MAN Wonokromo Bantul Tahun Ajaran 2005/2006. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Pembelajaran Kimia Realistik Terhadap Sikap Dan Kemandirian Siswa Di Kelas XI MAN Wonokromo Bantul Tahun Ajaran 2005/2006)
00440014_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Pengaruh Pembelajaran Kimia Realistik Terhadap Sikap Dan Kemandirian Siswa Di Kelas XI MAN Wonokromo Bantul Tahun Ajaran 2005/2006)
00440014_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikans terhadap sikap dan kemandirian siswa antara yang menggunakan pembelajaran kimia realistik dengan pembelajaran tradisional (chalk and talk) di kelas XI MAN Wonokromo tahun ajuran 2005/2006. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi semua kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo yang terdiri dari 6 kelas (158 siswa) dengan sampel diambil secara purpossive cluster sampling, sebanyak 2 kelas yaitu XI IPA dan XI IPA Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus korelasi produel moment. Pada angket sikap diperoleh 0.918 dan angket kemandirian diperoleh r 0,910. Untuk melihat ada tidaknya perbedaan yang signifikans sikap dan kemandirian siswa antara yang menggunakan pembelajaran kimia realistik dengan pembelajaran tradisional (chalk and talk) dilakukan perhitungan statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikans antara pembelajaran kimia realistik dengan pembelajaran tradisional terhadap sikap siswa dengan to = 3,865 pada ps 0,05 dan kemandirian siswa dengan to = 6,386 pada p 0,05. Adapun harga rerata kelas yang diajar menggunakan pembelajaran kimia realistik terhadap sikap adalah sebesar 105,000 dan terhadap kemandirian sebesar 90,458 Harga rerata kelas yang diajar dengan pembelajaran tradisional terhadap sikap adalah sebesar 93,654 dan terhadap kemandirian sebesar 76,577.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Das Salirawati, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kimia Realistik; pembelajaran tradisional; chalk and talk
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: sri astuti astuti astuti
Date Deposited: 06 Jun 2021 09:03
Last Modified: 06 Jun 2021 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41722

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum