Penerapan Logika Matematika Dalam Ayat-Ayat Al Qur’an Yang Mengandung Bilangan Rasional (Studi Analisis Surat An-Nisa’)

Moh. Khambali, NIM.: 00430332 (2005) Penerapan Logika Matematika Dalam Ayat-Ayat Al Qur’an Yang Mengandung Bilangan Rasional (Studi Analisis Surat An-Nisa’). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Penerapan LOgika Matematika Dalam Ayat-Ayat Al Qur’an Yang Mengandung Bilangan Rasional (Studi Analisis Surat An-Nisa’))
00430332_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Penerapan LOgika Matematika Dalam Ayat-Ayat Al Qur’an Yang Mengandung Bilangan Rasional (Studi Analisis Surat An-Nisa’))
00430332_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan Logika Matematika dalam Ayat-Ayat Al Qur'an Yang Mengandung Bilangan Rasional (Studi Analisis Surat An-Nisa"). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak ayat-ayat al-Qur'an terutama pada ayat-ayat dalam surat an-Nisa' yang menerapkan logika atematika serta mengandung bilangan bilangan rasional dan logika matematika yang digunakan dalam ayat-ayat al-Qur'an serta inengandung bilangan rasional, dan juga dalam penulisan karya ilmiah ini adalah untuk menunjukkan adanya hubungan antara matematika dan al-Qur'an. Sifat penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (tibrary research). Data primernya adalah ayat-ayat al-Qur'an dalam mushaf Utsmani dengan beberapa kitab tafsir yaitu tafsir al-Manar, tafsir al-Kasyaf, tafsir al-Azhar, tafsir al Maraghiy, dan tafsir Jalalain Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menghimpun ayat-ayat al-Qur'an terkhusus surat an-Nisa yang mengandung bilangan rasional, kemudian mengklasifikasikannya herdasarkan ayat yang mengandung logika matematika. Teknik analisis data yang dilakukan adalah deskriptif analisis kualitatif yaitu menguraikan sebab-sebab turunnya ayat terpilih (asbahun mal). makna makna yang terkandung dalam ayat-ayat terpilih dan menganalisis ayat-ayat is terpilih dari sudut pandang matematika, Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada dasarnya logika yang digunakan dalam al-Qur'an kebanyakan memakai implikasi karena dalam ayat yang dikaji banyak hukum mawaris, yang menyatakan pernyataan jika.maka. Dalam surat an-Nisa' terdapat 13 ayat yang mengandung bilangan rasional, tetapi 6 ayat yang menerapkan logika matematika serta mengandung bilangan rasional yaitu: o Dalam Q.S. an-Nisa', 4:3, menggunakan implikasi, disjungsi dan negasi o Dalam Q.S. an-Nisa', 4:11. menggunakan implikasi, konjungsi, disjungsi dan negasi UTN O Dalam Q.S. an-Nisa'. 4:12, menggunakan implikasi, disjungsi dan negasi E Dalam Q.S. an-Nisa', 4.20, menggunakan implikasi dan konjungsi o Dálam Q.S. an-Nisa, 4:43, menggunakan implikasi, konjungsi dan disjungsi o Dalam Q.S. an-Nisa', 4:176, menggunakan implikasi dan konjungsi. Disamping itu adanya hubungan antara matematika dengan al-Qur'an ditandai dengan digunakannya logika matematika dalam ayat-ayat al-Qur'an untuk menjelaskan suatu perkara tertentu. Saran peneliti untuk pembaca hasil penelitian dan pembaca al-Qur'an, sebaiknya al-Qur'an tidak sekedar dibaca tanpa dipahami apa yang dibacanya, melainkan dipelajari secara mendalam dari berbagai sudut pandang disiplin ilmu kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Jauhar Hatta, M. Ag. Dra. Hj. Khurul Wardati, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Logika matematika; akal; Huruf Athaf; Bilangan rasional
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: sri astuti astuti astuti
Date Deposited: 06 Jun 2021 21:07
Last Modified: 06 Jun 2021 21:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41725

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum