Hubungan Antara Persepsi Mata Pelajaran Matematika dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas II Semester! Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2004/2005

NA'IMAH, NIM.: 00430125 (2004) Hubungan Antara Persepsi Mata Pelajaran Matematika dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas II Semester! Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Hubungan Antara Persepsi Mata Pelajaran Matematika dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas II Semester! Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2004/2005)
00430125_BAB I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
00430125_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi mata pelajaran matematika dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa Kelas II Semester 1 Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2004 2005 Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas Il yang berjumlah 303 siswa yang tersebar di 8 kelas Sampel penelitian terdiri atas 70 siswa yang diambil dari dua kelas yaitu kelas 11.1 dan 112 dengan teknik pengan.dilan Cluster Random Sampling. Data persepsi mata pelajaran matematika dan motivasi belajar diperoleh dengan metode angket/kuesioner Sedangkan data prestasi belajar matematika diperoleh dengan metode tes Data gambaran umum Sekolah Madrasah diperoleh dengan metode dokumentasi Berdasarkan hasil uji coba instrumen penelitian diperoleh 18 butir soal angket persepsi mata pelajaran matematika yang dinyatakan sahih dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,900. instrumen motivasi belajar diperoleh 27 butir soal sahih dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,936 dan instrumen prestasi belajar matematika diperoleh 15 butit sahih dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,840. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif, regresi linier dan korelasi Hasil analisis menunjukkan: (1) Adanya hubungan positif dan signifikan mata pelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika antara persepsi siswa kelas II Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2004 2005 yang ditunjukkan plelpenaman esre VE 093 12) Ada hubungan korelasi sebejat 41 dan koefisien delcrmina 3.310 0107 X dan koefisien positif dan sapnihkan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa Kelas Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajatan 2004 20 yang ditunjukkan oleh petsamaan paris regresi Y-298- 0,076 N; dan koefisien korelasi scheren dan hectisiin selerine dàn kestision dJeferntinasi ebesar 0,197 (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara persepsi mata pelajaran matematika dan motivasi helajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas II Madrasah Aliyah Negeri Klates Tahun Pelajaran 2004/2005 yang ditunjukkan oleh persamaan panas regresi Y - 2.850,085 X+0,042 X, dan koefisien korelası panda sebesar 0,576 dan koefisien determinasi sebesar 0.342 Faktor persepsi mata pelajaran matematika dan motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa dengan Sumbangan Efektif masing-masing variabel 23,18 dan 10,97%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sukiman, S. Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Motivasi belajar; MAN Klaten
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: sri astuti astuti astuti
Date Deposited: 06 Jun 2021 21:45
Last Modified: 06 Jun 2021 21:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41727

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum