KONSTRUKSI MEDIA ATAS PEMBAKARAN BENDERA HTI (ANALISIS FRAMING BERITA PEMBAKARAN BENDERA HTI DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID OKTOBER - NOVEMBER 2018)

IRKHAM SYAHRUL ROZIKIN, NIM.: 13210008 (2020) KONSTRUKSI MEDIA ATAS PEMBAKARAN BENDERA HTI (ANALISIS FRAMING BERITA PEMBAKARAN BENDERA HTI DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID OKTOBER - NOVEMBER 2018). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI MEDIA ATAS PEMBAKARAN BENDERA HTI (ANALISIS FRAMING BERITA PEMBAKARAN BENDERA HTI DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID OKTOBER - NOVEMBER 2018))
13210008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI MEDIA ATAS PEMBAKARAN BENDERA HTI (ANALISIS FRAMING BERITA PEMBAKARAN BENDERA HTI DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID OKTOBER - NOVEMBER 2018))
13210008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan anaslisis bagaiamana media online Republika dan Kompas membingkai kejadian pembakaran bendera tauhid yang terjadi di Kabupaten Garut ke dalam pemberitaan kedua media tersebut. Media di dalam menyampaikan realitas atau kejadian pembakaran bendera tauhid tentu dipengaruhi ideologi yang diusung oleh media tersebut. Melalui analisis pemberitaan inilah kemudian diketahui ideologi yang diusung masing-masing media. Adapun alat analisa yang digunakan yaitu menggunakan analisis framming model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Objek yang dianalisa ialah pemberitaan Kompas.com dan Republika.com tentang pembakaran bendera tauhid, edisi selama bulan Oktober hingga November 2018 dengan hasil analisa: Kompas.com dalam melihat peristiwa pembakaran bendera HTI lebih menonjolkan frame yang mengonstruk opini publik bahwa upaya pemerintah dan penegak hukum menindak aksi pembakaran bendera HTI berusaha meredam situasi dan lebih menghindari perpecahan di masyarakat oleh kelompok-kelompok yang bersebrangan dengan pemerintah. Sedangkan Republika.co.id dalam meberitakan aksi pembakaran bendera HTI lebih menonjolkan frame kelompok HTI, penekanan berita juga ditujukan kepada penegak hukum untuk benar-benar menjalankan hukum berdasarkan konstitusi yang berlaku. Republika yang menganut nilai Islam, cenderung menonjolkan frame-frame yang berkarakter islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mustofa, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Online, Analisis Framming, Republika
Subjects: Penyiaran Islam
Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Mar 2021 21:22
Last Modified: 21 Jun 2021 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42154

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum