MOTIF PEMANFAATAN MEDIA ONLINE SUARAMUHAMMADIYAH.ID TERHADAP KEPUASAN PEMBACA DIKALANGAN AKTIVIS IMM UIN SUNAN KALIJAGA

Muhamad Khozinul Amin, NIM. 13210070 (2020) MOTIF PEMANFAATAN MEDIA ONLINE SUARAMUHAMMADIYAH.ID TERHADAP KEPUASAN PEMBACA DIKALANGAN AKTIVIS IMM UIN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIF PEMANFAATAN MEDIA ONLINE SUARAMUHAMMADIYAH.ID TERHADAP KEPUASAN PEMBACA DIKALANGAN AKTIVIS IMM UIN SUNAN KALIJAGA)
13210070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MOTIF PEMANFAATAN MEDIA ONLINE SUARAMUHAMMADIYAH.ID TERHADAP KEPUASAN PEMBACA DIKALANGAN AKTIVIS IMM UIN SUNAN KALIJAGA)
13210070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perusahaan Informasi dan Pengukuran Global Nielsen mengeluarkan hasil risetnya bahwa di Indonesia, saat ini pembaca media online digital sudah lebih banyak ketimbang media cetak. Perkembangan ini melibatkan masyarakat dalam kebiasaan pemenuhan kebutuhan informasi dari media lama (TV, Radio, Koran) ke media baru (Youtube, Spotify, Portal Berita Online). Teori Uses And Gratification menjelaskan bahwa dalam penggunaan media, manusia dianggap aktiv serta memiliki motif-motif tertentu yang berujung pada tingkat kepuasan yang didapatkan. Penelitian ini menelusuri tentang motif aktivis IMM UIN Sunan Kalijaga terhadap pemanfaatan suaramuhammadiyah.id dan tingkat kepuasan yang diperoleh serta bagaimanakah hubungan antara motif yang ada dengan kepuasan yang didapatkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif descriptive correlational dengan teknik purposive sampling yang berhasil mengumpulkan 48 responden sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukan dalam variabel motif, motif identitas pribadi merupakan motif yang mendominasi dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 3,44 yang masuk dalam kategori TINGGI, sedangkan motif hiburan sebagai motif terlemah dengan perolehan nilai rata-rata 2,87 yang masuk dalam kategori CUKUP. Untuk variabel kepuasan, kepuasan informasi merupakan kepuasan yang mendominasi dengan perolehan nilai rata-rata 3,36 yang masuk dalam kategori TINGGI. Sedangkan kepuasan hiburan merupakan kepuasan terlemah dengan perolehan nilai rata-rata 2,67 yang masuk dalam kategori CUKUP. Penelitian ini juga menyatakan bahwa ada hubungan antara motif pemanfaatan media online suaramuhamadiyah.id terhadap kepuasan pembaca dikalangan aktivis IMM Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hal ini berdasarkan pada nilai significancy yang menunjukan (p = 0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khoiro Ummatin, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Motif, Kepuasan, Teori Uses And Gratification IMM UIN Sunan Kalijaga, Suaramuhammadiyah.id
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Jun 2021 13:21
Last Modified: 02 Jun 2021 13:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42443

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum