MUSIK KOPLO NEW KAMARU YOGYAKARTA (2013-2019)

Fajar Ngazizi, NIM: 15120125 (2020) MUSIK KOPLO NEW KAMARU YOGYAKARTA (2013-2019). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MUSIK KOPLO NEW KAMARU YOGYAKARTA (2013-2019))
15120125_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MUSIK KOPLO NEW KAMARU YOGYAKARTA (2013-2019))
15120125_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Musik dalam tradisi Islam merupakan bentuk dari sebuah ungkapan rasa dan tata harmoni religiositas keislaman seseorang sekaligus sebagai jalan kontemplasi. Musik pada dasarnya adalah media paling universal dan berpengaruh untuk mengekspresikan hal-hal yang terkandung di dalam inti ajaran Islam yang merupakan proses realisasi keindahan dan kepasrahan terhadap makna tertentu.2 Salah satu seni musik yang banyak digemari masyarakat saat ini ialah musik dangdut koplo, koplo dalam pengertian bahasa Jawa berarti gila atau kegilaan. Kegilaan dalam memadukan musik yang tidak sepadan menjadi sebuah musik baru yang lahir dan berkembang secara dinamis dalam dunia musik Indonesia. Mengenai perkembangan, ada salah satu grup musik koplo yang cukup populer di kalangan mahasiswa bernama New Kamaru, koplo yang dibawakan oleh New Kamaru ini cukup menarik perhatian karena pada umumnya dangdut koplo, goyangan dan liriknya mengarah pada konotasi sensualitas dan erotis dipadu dengan busana yang minim, hingga terkadang semuanya mengalahkan kualitas suara. Tetapi New Kamaru membawakan pertunjukan musik koplo dengan religius, dimana dalam pemilihan kostum yang tertutup, lagu yang dimainkan bernuansa Islam, tetapi tidak menghilangkan corak dangdut koplo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai religiositas (keyakinan, praktik agama, pengalaman, pengetahuan dan pengamalan) yang terdapat dalam musik koplo New Kamaru Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori Fungsional yang dikemukakan oleh Bronislaw Malinowski. Jenis penelitian ini adalah lapangan dan pustaka, secara metode menggunakan penelitian sejarah dengan tahapan Heuristis, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah antropologi budaya. Dari hasil penelitian tentang “Musik Koplo New Kamaru Yogyakarta (2013-2019)” dapat diambil kesimpulan bahwa: Musik religius New Kamaru Yogyakarta merupakan bentuk perwujudan dari religiositas para pemainnya Nilai religiositas dari lagu-lagu New Kamaru Yogyakarta terletak pada lirik atau syair nya serta bentuk pementasannya. Makna religiositas tersebut, yaitu aspek akidah, aspek syariah dan aspek akhlak. Lagu yang bermakna akidah adalah lagu “Tiket Suargo”, dan lagu yang bermakna syariah adalah lagu “Ampunilah”, sedangkan lagu yang bermakna akhlak adalah lagu “Lir-Ilir”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: New Kamaru; Musik koplo; IKAMARU
Subjects: Kesenian
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Jun 2021 15:07
Last Modified: 18 Jun 2021 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42494

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum