ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB SISWA KELAS X IPA 2 SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Abdul Aziz Ma'arif, NIM.: 13420064 (2020) ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB SISWA KELAS X IPA 2 SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB SISWA KELAS X IPA 2 SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020)
13420064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB SISWA KELAS X IPA 2 SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020)
13420064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah banyaknya siswa-siswi yang kurang bisa membaca dan memahami teks berbahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti mencoba mencari apa saja sih kesulitan yang di alami siswa-siswi dalam membaca teks berbahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui faktor kesulitan membaca teks berbahasa Arab. (2) Mengetahui upaya guru mengatasi kesulitan siswa dalam hal membaca teks berbahasa Arab. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, yang di laksanakan di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, sedangkan jenis penilitiannya adalah analisis deskriptif kualitatif. Dengan analisis ini, di harapkan dapat menjadi perhatian untuk pengajar Bahasa Arab supaya tahu faktor-faktor kesulitan yang di alami siswa dalam membaca teks berbahasa Arab. Pengumpulan data di lakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini adalah Analisa data kualitatif, memprediksi kesalahan siswa dalam pengucapan kalimat bahasa Arab dan langkah kedua mengidentifikasi kemampuan menerjemahkan teks bahasa Arab ke bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan yang di alami siswa adalah kesulitan linguistik, diantaranya adalah pengucapan, kosakata, tata Bahasa, pemaknaan. Kemudian kesulitan metodologis, di antaranya adalah alokasi waktu, latar belakang siswa, tenaga pengajar, metode, dan media. (2) Upaya yang di kakukan guru untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Belajar Mengajar, Bahasa Arab, Pembelajaran
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 26 Jun 2021 18:56
Last Modified: 26 Jun 2021 18:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42571

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum