EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TEAM GAME TOURNAMENT DENGAN MEDIA KOKAMI DALAM PENINGKATAN MAHARAH AL-KALAM DI MTSN 3 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Siti Ira Yasiroh, NIM.: 14420026 (2020) EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TEAM GAME TOURNAMENT DENGAN MEDIA KOKAMI DALAM PENINGKATAN MAHARAH AL-KALAM DI MTSN 3 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TEAM GAME TOURNAMENT DENGAN MEDIA KOKAMI DALAM PENINGKATAN MAHARAH AL-KALAM DI MTSN 3 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020)
14420026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TEAM GAME TOURNAMENT DENGAN MEDIA KOKAMI DALAM PENINGKATAN MAHARAH AL-KALAM DI MTSN 3 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020)
14420026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang merasa kesulitan dalam masalah al-kalam bahasa Arab, dengan diterapkannya metode kooperatif tipe team game tournament agar menjadikan pembelajaran kelompok lebih aktif dengan adanya unsur kompetisi, dan dengan media kokami agar menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan berbicara bahasa Arab antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, (2) efektivitas penggunaan metode Cooperative Learning teknik Team Game Tournament dengan media kokami dalam pengajaran al-kalam bahasa Arab. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental desain control group pretest-posttest. Obyek penelitian adalah kelas VII A (kelas eksperimen) dan kelas VII B (kelas kontrol). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t melalui program SPSS 21.0. Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 19,96, dan hasil belajar kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 11,47. hal ini menunjukan bahwa rata-rata peningkatan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibanding rata-rata peningkatan kelas kontrol. (2) Hasil analisis yang didasarkan dari hasil uji-t menghasilkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan sehingga metode cooperative learning teknik team game tournament dengan media kokami efektif digunakan dalam pembelajaran al-kalam bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. R Umi Baroroh, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode belajar, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 30 Jun 2021 14:16
Last Modified: 30 Jun 2021 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42615

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum