STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MODEL CONTEXTUAL LEARNING AND TEACHING MAHARAH AL-KALAM PADA SANTRI KELAS 1 TMI DI PONDOK PESANTREN “WALI SONGO” NGABAR, PONOROGO, JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020

Hamzah Usaid Uzza, NIM.: 15420119 (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MODEL CONTEXTUAL LEARNING AND TEACHING MAHARAH AL-KALAM PADA SANTRI KELAS 1 TMI DI PONDOK PESANTREN “WALI SONGO” NGABAR, PONOROGO, JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MODEL CONTEXTUAL LEARNING AND TEACHING MAHARAH AL-KALAM PADA SANTRI KELAS 1 TMI DI PONDOK PESANTREN “WALI SONGO” NGABAR, PONOROGO, JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020)
15420119_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MODEL CONTEXTUAL LEARNING AND TEACHING MAHARAH AL-KALAM PADA SANTRI KELAS 1 TMI DI PONDOK PESANTREN “WALI SONGO” NGABAR, PONOROGO, JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020)
15420119_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran maharah al- kalam (keterampilan berbicara bahasa Arab) pada santri kelas 1 TMI di Pondok Pesantrean “Wali Songo” Ngabar, Ponorogo, Jawa Timur Tahun Ajaran 2019/2020, yang menerapkan praktik berbahasa Arab di lingkungan pesantren. Praktik berbahasa tersebut senada dengan teori pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) yang melibatkan konteks (kondisi nyata) dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab santri khususnya kemampuan berbicara. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif lapangan. Berdasarkan fenomena pembelajaran tersebut, penulis ingin mengetahui strategi pembelajaran maha>rah al-kala>m pada santri kelas 1 TMI di Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar, Ponorogo, Jawa Timur, serta aspek-aspek strategi pembelajaran contextual teaching and learning maharah al-kalam yang sudah tercapai pada santri kelas 1 TMI di Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar Ponorogo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran maharah al-kala m pada kelas 1 TMI di Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar, Ponorogo, Jawa Timur menggunakan tiga macam strategi yaitu strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tak langsung dan strategi pembelajaran interaktif. Tujuh aspek pembelajaran kontekstual sudah terimplementasi secara baik dalam strategi pembelajaran maharah al-kalam pada kelas 1 TMI Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar, Ponorogo, Jawa Timur, yaitu; membangun keterkaitan yang bermakna, melakukan pekerjaan yang berarti, melakukan pembelajaran mandiri, berpikir kritis dan kreatif, bekerja sama, membantu individu untuk tumbuh dan berkembang, mencapai standar tinggi. Selain itu satu aspek dalam pembelajaran kontekstual yang belum terimplementasi secara maksimal adalah; penilaian autentik,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Metode belajar, Pendidikan bahasa arab, Pondok pesantren
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 01 Jul 2021 12:07
Last Modified: 01 Jul 2021 13:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42635

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum