KESULITAN LINGUISTIK DAN NON LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A SMP DAARU ULIL ALBAB TEGAL

Muhammad fahmi Mubarok, NIM.: 15420041 (2020) KESULITAN LINGUISTIK DAN NON LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A SMP DAARU ULIL ALBAB TEGAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESULITAN LINGUISTIK DAN NON LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A SMP DAARU ULIL ALBAB TEGAL)
15420041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (KESULITAN LINGUISTIK DAN NON LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A SMP DAARU ULIL ALBAB TEGAL)
15420041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Arab memiliki peran yang sangat urgen. Lebih-lebih bagi umat islam karena bahasa Arab merupakan bahasa ilmu pengetahuan, baik ilmu-ilmu keagamaan maupun ilmu-ilmu yang lain. Adapun pembelajaran bahasa Arab di SMP Daaru Ulil Albab Tegal, khususnya pada kelas VII A bahwa pembelajaran bahasa Arab masih tergolong kurang maksimal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan yang dialami siswa kelas VII A SMP Daaru Ulil Albab Tegal dalam pembelajaran bahasa Arab terutama pada kesulitan linguistik dan non linguistik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII A SMP Daaru Ulil Albab Tegal dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi dan tes, Analisis data dilakukan dengan memberikan penjelasan terhadap data yang telah dikumpulkan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan wawancara serta tes pembelajaran bahasa Arab pada linguistik (dari aspek fonologi, morfologi, sintaksis, semantik) dan non linguistik ( faktor peserta didik, metode, materi, waktu, fasilitas, dan sosial) pada siswa kelas VII A SMP Daaru Ulil Albab Tegal ditemukan kesulitan siswa. Guru Bahasa Arab SMP Daaru Ulil Albab Tegal perlu merubah cara mengajarnya dengan mengubah metode pembelajaran, belajar membaca bahasa arab dengan satu kata sampai beberapa kata dengan demikian guru mengetahui kasulitan yang dihadapi siswa, usahakan agar siswa menyukai pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Adzfar Ammar, M.A
Uncontrolled Keywords: Pendidikan bahasa arab, Madrasah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 07 Jul 2021 17:00
Last Modified: 07 Jul 2021 17:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42660

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum