METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MAN 3 KLATEN TAHUN AJARAN 2019/2020

Hidayat, NIM.: 14410082 (2020) METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MAN 3 KLATEN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MAN 3 KLATEN TAHUN AJARAN 2019/2020)
14420082_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFATAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MAN 3 KLATEN TAHUN AJARAN 2019/2020)
14420082_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Minat merupakan salah satu faktor utama untuk meraih sukses dalam belajar. Namun minat belajar bahasa Arab siswa Man 3 Klaten masih rendah begitu juga prestasi belajarnya. Maka dari itu memerlukan metode untuk memudahkan dalam belajar bahasa Arab. Diantara metode belajar yang dapat digunakan yakni metode berbasis multiple intelegences dalam meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Pemetaan jenis kecerdasan siswa kelas eksperimen Man 3 Klaten. (2) mengetahui perbedaan minat dan prestasi belajar bahasa Arab antara siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah field research (penelitian lapangan). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas x Man 3 Klaten. Pengambilan sampelnya dengan menggunakan simple random sampling. Sampel terdiri atas dua kelas yaitu kelas x MIPA 1 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 22 siswa dan kelas x MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan : tes, angket, dokumentasi, dan observasi. Untuk menguji instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas ahli. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus kolmogorov smirnov, sedang uji homogenitas nya menggunakan rumus homogenitas dan analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa minat dan prestasi belajar siswa kelas x Man 3 Klaten tahun ajaran 2019-2020 meningkat dengan adanya penerapan metode pembelajaran berbasis multiple intelligences. Hasil tersebut didasarkan pada hasil analisis data uji-t . Hasil minat belajar siswa di kelas eksperimen 100.95-112.77 meningkat dengan rata-rata nilai gain sebesar 11. 81, sedangkan minat siswa kelas kontrol 102.36- 105.23 naik rendah debgan rata-rata 2.86 dengan signifikasi 0,000 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Adapun untuk hasil prestasi belajar siswa kelas eksperimen 42.14-79.76 meningkat dengan rata-rata nilai gain sebesar 33. 36. Sedangkan siswa di kelas kontrol 58.50-71.14 dengan rata-rata 16.27. namun jika dilihat jumlah peningkatan rata-rata prestasi belajar bahasa Arab kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol dengan signifikasi 0,001 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini membuktikan bahwa penerapan treatment berupa metode pembelajaran berbasis multiple intelligences dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas eksperimen di dalam pembelajaran bahasa Arab lebih tinggi daripada minat dan prestasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak menerapkan metode tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Metode belajar, Pendidikan bahasa arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 07 Jul 2021 17:14
Last Modified: 07 Jul 2021 17:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42677

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum