PENGARUH PENDEKATAN STEM MODEL POE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE

Mustaqimatul Fitriyah, NIM.: 16670039 (2020) PENGARUH PENDEKATAN STEM MODEL POE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDEKATAN STEM MODEL POE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE)
16670039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDEKATAN STEM MODEL POE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE)
16670039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan 4.0 sebagai respon terhadap perkembangan industri 4.0 menuntut manusia untuk menguasai teknologi digital pada proses pembelajaran, salah satunya yaitu pembelajaran berbasis online. Pembelajaran online pada saat ini diterapkan sebagai usaha untuk menekan penyebaran Coronavirus Disease (CoVid-19) yang dilaksanakan dengan aplikasi menggunakan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendekatan STEM model POE terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi peserta didik melalui pembelajaran online. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitian adalah kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 di SMAN 2 Banguntapan. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes dan non tes. Instrumen tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, sedangkan instrumen non tes menggunakan angket kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi. Teknik analisis data hasil tes menggunakan uji statistik Independent Sample T Test, sedangkan hasil non tes menggunakan uji statistik nonparametric Mann-Whitney. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan STEM model POE terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi peserta didik melalui pembelajaran online. Hasil ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai sig. (2-tailed) < 0,05 pada kedua uji statistik. Hasil uji statistik kemampuan berpikir kritis dengan instrumen tes sebesar 0,001; sedangkan non tes sebesar 0,025. Uji statistik instrumen non tes keterampilan komunikasi sebesar 0,049.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Shidiq Premono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode belajar, Berpikir kritits, Komunikasi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 07 Jul 2021 17:20
Last Modified: 07 Jul 2021 17:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42700

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum