HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Desi Nur Istanti, NIM.: 16670003 (2020) HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
16670003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
16670003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai salah satu perguruan tinggi yang mendidik calon-calon guru kimia, sehingga mahasiswa pendidikan kimia tentunya perlu memiliki pemahaman materi kimia yang kuat. Namun ternyata mahasiswa tidak selalu lancar dalam proses belajarnya. Kepribadian merupakan salah satu dari faktor internal yang mempengaruhi pencapaian belajar seseorang. Selain tipe kepribadian, motivasi juga merupakan salah satu hal yang mempengaruhi proses belajar. Kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap dirinya sendiri, seringkali menyulitkan mereka untuk memaksimalkan kelebihan dan mengatasi kekurangan yang dimiliki. Oleh karen itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menyimpulkan hubungan antara tipe kepribadian antara tipe kepribadian terhadap motivasi belajar dan prestasi akademik pada mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional study, dengan mengambil sampel mahasiswa Pendidikan Kimia angkatan 2018 yang berjumlah 46 mahasiswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan jumlah SKS mata kuliah rumpun kimia dan rumpun pendidikan yang telah didapatkan pada masing-masing angkatan serta diskusi dengan dosen dan mahasiswa. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu tipe kepribadian Big Five Personality yang diukur dengan skala Big Five Inventory, sedangkan variabel terikatnya yaitu motivasi belajar yang diukur dengan skala motivasi belajar dan prestasi akademik mengambil data dari studi dokumen Kartu Hasil Studi mahasiswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan antara tipe kepribadian terhadap motivasi belajar mahasiswa, dengan taraf signifikansi sebesar 0.000. Kemudian diperoleh kesimpulan lain, bahwa ada hubungan antara tipe kepribadian terhadap prestasi akademik mahasiswa namun tidak secara signifikan. Ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar dan prestasi akademik, di mana kepribadian menjadi salah satu dari sekian faktor internal yang berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Motivasi Belajar, Prestasi Akademik
Subjects: Psikologi
Pendidikan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 09 Jul 2021 11:37
Last Modified: 09 Jul 2021 11:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42734

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum