PENAFSIRAN AL-QUR’AN KH. BAHAUDIN NUR SALIM DALAM KANAL YOUTUBE NUOnline (Sebuah Penelitian Studi Agama dan Media)

Nur Fawaid, NIM.: 12530095 (2020) PENAFSIRAN AL-QUR’AN KH. BAHAUDIN NUR SALIM DALAM KANAL YOUTUBE NUOnline (Sebuah Penelitian Studi Agama dan Media). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENAFSIRAN AL-QUR’AN KH. BAHAUDIN NUR SALIM DALAM KANAL YOUTUBE NUONLINE (SEBUAH PENELITIAN STUDI AGAMA DAN MEDIA))
12530095 BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENAFSIRAN AL-QUR’AN KH. BAHAUDIN NUR SALIM DALAM KANAL YOUTUBE NUONLINE (SEBUAH PENELITIAN STUDI AGAMA DAN MEDIA))
12530095 BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengambil asumsi adanya kemajuan teknologi dan media informasi juga memiliki pengaruh pada kehidupan sehari-hari umat muslim. Salah satunya adalah peralihan dari sebuah ritual yang dulunya sakral, sebab dengan hadirnya media baru menjadikan kesakralan tersebut beralih menjadi profan. Dengan kemunculan teknologi informasi dan komunikasi yang membuka seluas-luasnya bagi siapapun untuk mengakses. Pemahaman atas al-Qur’an yang dulunya membutuhkan sebuah pra-syarat kualifikasi keilmuan seperti halnya para ‘ulama di era klasik, saat ini dengan perkembangan media. Terbukanya ruang penafsiran pada era media ini memunculkan mufasir-mufasir baru yang muncul di media online populer seperti Youtube ataupun facebook. Skripsi ini berusaha melihat dan menganalisa kajian al-Qur’an dan media, peneliti menggunakan kerangka teoritis hermeneutika digital sebagai objek formalnya, dan youtube kanal NUonline sebagai objek materialnya dengan mengambil tokoh penafsir al-Qur’an yang akhir ini populer di kalangan pengguna Internet yaitu KH. Bahaudin Nur Salim. Hasil penelitian yang didapat ialah bahwa KH. Bahauddin Nursalim mengenyam pendidikan di Madrasah Ghozaliyah Syafi’iyyah PP. Al-Anwar Sarang dan pesantrennya sendiri LP3IA Narukan-Rembang. Beliau merupakan ulama yang benar-benar murni berangkat dari latar pemikiran Santri, yakni seorang hafidzul qur’an juga ahli turats/tradisi kitab salaf (kitab kuning). Ditinjau dari penelitian ini, pada dasarnya KH. Bahaudin Nur Salim bukan secara langsung disebut sebagai tafsir al-Qur’an bil lisan tapi lebih tepat disebut sebagai “syarah lisan kitab tafsir”. Menariknya, ulasan syarah lisan kitab tafsir Gus Baha’ tersebut, menjadi kontra narasi ekstremisme. Namun yang dibawakan oleh Gus Baha ialah tidak sedikitpun mengutip ayat-ayat yang lumrah dikaji dan dibahas oleh pemikir muslim Indonesia. tidak berdasar pada menyerang nalar argumentasi ayat-ayat favorit seputar jihad dan qital. Gus Baha justeru tampil membawakan ayat-ayat kisah (seperti Imam Sya’rawi) sebagai kontra narasi terorisme dan menginterpretasikannya dengan ilmu Islam yang mapan dari banyak sisi keilmuan, seperti tasawuf, fiqih dll.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ali Imron, S.Th.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Tafsir Al-Qur.an, Gus Baha, KH Bahaudin Nur Salim, Kanal NUOnline
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Media Sosial
Organisasi Masyarakat > Nahdlatul Ulama (NU)
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jul 2021 15:09
Last Modified: 06 Apr 2022 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42890

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum