PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN EDUKASI “SAHLA” ALBIṬAQAH AL-„ARABĪYYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK KELAS IV TAHUN AJARAN 2019/2020

Rizka Amalia Safitri, NIM.: 16480032 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN EDUKASI “SAHLA” ALBIṬAQAH AL-„ARABĪYYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK KELAS IV TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN EDUKASI “SAHLA” ALBIṬAQAH AL-„ARABĪYYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK KELAS IV TAHUN AJARAN 2019/2020)
16480032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN EDUKASI “SAHLA” ALBIṬAQAH AL-„ARABĪYYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK KELAS IV TAHUN AJARAN 2019/2020)
16480032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Arab di Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran wajib pada satuan pendidikan dibawah naungan Kementrian agama, mulai dari tingkatan dasar hingga perguruan tinggi. Tetapi dalam pelaksanaan atau penerapannya dalam pembelajaran mengalami berbagai macam masalah, masalah yang dihadapi oleh guru dalam mengajar adalah kurangnya motivasi belajar sehingga peserta didik malas belajar bahasa Arab, peserta didik tidak tertarik belajar bahasa Arab karena pelajaran yang tidak menyenangkan dalam proses pembelajaran dikelas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development. prosedur yang akan dilakukan oleh peneliti disini hanya sampai pada tahap level 1 yaitu melakukan penelitian untuk membuat rancangan produk tetapi tidak dilanjutkan dengan membuat dan menguji produk tersebut serta menggunakan 6 langkah model Sugiyono. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi, ahli media, pengamat media dan peserta didik. Media Sahla Albiṭaqah Al-„Arabīyyah mendapat skor rata-rata 9 termasuk kategori sangat kurang dari ahli materi dan dengan perbaikan. Sedangkan hasil dari 2 ahli media mendapat skor rata-rata 36,5 dan menunjukkan kategori sangat baik. Hasil dari penelitian ini adalah media layak dengan perbaikan yang disarankan oleh ahli materi, ahli media, serta media 100% mendapat respon positif oleh pengamat media dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurul Huda, S.S., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Permainan Edukasi, Bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 23 Jul 2021 13:33
Last Modified: 23 Jul 2021 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42964

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum