PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRODAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS II ALI BIN ABI THALIB MI MA’ARIF CANDRAN GODEAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Fiki Putri Saleha, NIM.: 16480034 (2020) PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRODAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS II ALI BIN ABI THALIB MI MA’ARIF CANDRAN GODEAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRODAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS II ALI BIN ABI THALIB MI MA’ARIF CANDRAN GODEAN TAHUN AJARAN 2019/2020)
16480034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRODAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS II ALI BIN ABI THALIB MI MA’ARIF CANDRAN GODEAN TAHUN AJARAN 2019/2020)
16480034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan menghafal mufrodat dalam pembelajaran bahasa Arab kelas II Ali bin Abi Thalib MI Ma‟arif Candran Godean”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dari metode bernyanyi terhadap kemampuan menghafal mufrodat dalam pembelajaran bahasa Arab kelas II Ali bin Abi Thalib MI Ma‟arif Candran Godean. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre eksperiment dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kela II Ali bin Abi Thalib yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal pre-test dan soal post-test, wawancara, dkumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji t paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bernyanyi dapat berpengaruh terhadap kemampuan menghafal mufrodat dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dapat dibuktikan oleh Sig. (2-tailed) hasil uji t dengan signifikansi sebesar 0,000 < dari 0,05. Sehingga Ha diterima dan ditolak. Artinya, metode bernyanyi dapat berpengaruh terhadap kemampuan mengahfal mufrodat dalam pembelajaran bahasa Arab. Beradasarkan rumus, metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan menghafal mufrodat dalam pembelajaran bahasa Arab sebesar 0,293%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nur Hidayat, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Bernyanyi, Mufrodat, Bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 23 Jul 2021 13:35
Last Modified: 23 Jul 2021 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42965

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum