PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SD N KALIANDONG KULON PROGO

Eka Lestari, NIM.: 16480048 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SD N KALIANDONG KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SD N KALIANDONG KULON PROGO)
16480048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SD N KALIANDONG KULON PROGO)
16480048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi-eksperimental design), dengan bentuk desain time series design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran penemuan terbimbing sedangkan variabel terikatya adalah kemampuan memecahkan masalah. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD N Kaliandong Kulon Progo dengan jumlah 29 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes yang berupa pretest dan posttest. Validitas dalam penelitian ini adalah validitas empiris dan validitaskonstruk. Metode dalam penelitian ini dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Anova. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paired Sampel Ttest dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Dari data yang diuji dengan Paired Sampel T-test dihasilkan 0,003 dan 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,5 maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh dalam model pembelajaran. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas IV SD N Kaliandong Kulon Progo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Penemuan Terbimbing, Kognitif Siswa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 23 Jul 2021 13:18
Last Modified: 23 Jul 2021 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42977

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum