STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN QIRA’AH MUYASSARAH DAN IQRA’

Muhammad Irfan Fauzi, NIM.: 16530062 (2020) STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN QIRA’AH MUYASSARAH DAN IQRA’. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’ĀN QIRA’AH MUYASSARAH DAN IQRA’)
16530062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’ĀN QIRA’AH MUYASSARAH DAN IQRA’)
16530062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pembelajaran Al-Qur’ān banyak didapati berbagai macam metode, salah satunya Iqra’ dan Qira’ah Muyassarah. Iqra’ sudah umum digunakan di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Iqra’ disusun oleh H. As’ad Human yang berdomisili di Yogyakarta. Sedangkan, Qira’ah Muyassarah disusun oleh H. Habib Abdussyakur, Qira’ah Muyassarah memang tak sepopuler Iqra’, karena memang penggunaanya masih dalam kalangan terbatas. Penyusun mempertegas bahwa penelitian ini berfokus pada analisis materi dan panduan pengajaran yang ada dalam kitab Iqra’ dan Qira’ah Muyassarah. Keduanya akan penyusun komparasikan untuk menemukan adanya perbedaan dan persamaan dalam hal penyampaian materi pembelajaran Al-Qur’ān. Adapun penelitian ini, jenis data yang digunakan adalah kepustakaan (library research), yang menggunakan penelitian kualitatif, yaitu salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan komparatif, yaitu penelitian yang menggunakan teknik membandingkan suatu objek dengan objek lain. Objek dalam penelitian ini adalah kitab Iqra’ jilid 1 sampai 6 dan Qira’ah Muyassarah jilid 1 sampai 4. Urgensi penelitian ini untuk memberikan suatu analisis perbandingan antara kedua metode pembelajaran Al-Qur’ān tersebut. Sehingga keduanya diharapkan dapat diaplikasikan dalam pembelajaran Al-Qur’ān pada masyarakat secara lebih luas. Hasil temuan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perbedaan materi metode pembelajaran Al-Qur’ān Qira’ah Muyassarah dan Iqra’ yaitu, terletak pada panduan pengajaran. Qira'ah Muyassarah memperkenalkan huruf hijaiah menggunakan tiga huruf sambung, sedangkan Iqra', menggunakan huruf yang terpisah. Dalam panduan, Qira'ah Muyassarah menggunakan kalimat madda, huruf bertasydid dibaca seperti dua huruf mati, sedangkan Iqra' inna, setiap bacaan yang menghadap tasydid suara ditekan, ditahan dua harakat dan berdengung. Sedangkan, persamaan materi metode pembelajaran Al-Qur’ān Qira’ah Muyassarah dan Iqra’ yaitu terletak pada perkenalan harokat, namun, sejauh pengamatan peniliti bahwa dalam materi perkenalan harakat Qira’ah Muyassarah dan Iqra’ yang membedakan adalah letak penyusunan saja; di setiap akhir jilid pada Qira’ah Muyassarah dan Iqra’ sama-sama terdapat lembar penguatan materi, serta terdapat ujian untuk naik ke jilid selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aida Hidayah, S.Th.I., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Al Qur'an, Qira’ah Muyassaran, Iqra’.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Jul 2021 11:15
Last Modified: 23 Jul 2021 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43056

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum