PERANCANGAN TATA LETAK DAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN MARKET BASKET ANALYSIS (Studi Kasus Minimarket TokoMU Bareng Lor, Klaten)

Anisa Aulia Majid, NIM.: 16660024 (2020) PERANCANGAN TATA LETAK DAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN MARKET BASKET ANALYSIS (Studi Kasus Minimarket TokoMU Bareng Lor, Klaten). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANCANGAN TATA LETAK DAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN MARKET BASKET ANALYSIS (Studi Kasus Minimarket TokoMU Bareng Lor, Klaten))
16660024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERANCANGAN TATA LETAK DAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN MARKET BASKET ANALYSIS (Studi Kasus Minimarket TokoMU Bareng Lor, Klaten))
16660024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pembukaan minimarket di daerah padat penduduk tentunya memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya yaitu persaingan antar minimarket yang memicu penentuan strategi persaingan. Pendekatan pelanggan merupakan faktor utama dalam penentuan strategi dengan menganalisa pola keranjang belanja. Analisa ini disebut dengan istilah Market Basket Analysis. Dari analisa tersebut dapat memberikan usulan strategi pemasaran dan perancangan tata letak produk berdasarkan perilaku belanja konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk merancang tata letak dan strategi pemasaran berdasarkan Market Basket Analysis. Penelitian ini dilakukan dengan menemukan aturan asosiasi antar setiap produk dalam kumpulan data transaksi pembelian. Metode yang digunakan yaitu Market Basket Analysis dengan teknik Algoritma Apriori. Setelah pengolahan data didapatkan bahwa jumlah aturan asosiasi yang dihasilkan menunjukkan kebiasaan konsumen yang rentan mengalami perubahan disetiap periode. Sehingga perlu dilakukan analisis lanjut yaitu dengan Overall Variability of Association Rules agar hasil aturan asosiasi dapat digunakan secara konsisten diseluruh periode tanpa rentan terhadap perubahan karena tingkat variabilitas yang tinggi. Hasil analisis pada penelitian ini yaitu memberikan usulan strategi pemasaran untuk promosi produk dan rekomendasi penataan tata letak layout produk. Usulan strategi pemasaran yaitu dengan penawaran potongan harga, bundling produk dan katalog promosi produk. Kemudian untuk usulan penataan letak produk yaitu menukar letak telur dan gula dengan letak rak agar-agar, bumbu dapur dan tepung, alat rumah tangga. Menukar letak detergent dengan letak alat pembersih dan pembasmi hewan. Menukar letak snack ringan dan biskuit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Cahyono Sigit Pramudyo, S.T., M.T., D.Eng.
Uncontrolled Keywords: Market Basket Analysis, Overall Variability of Association Rules, Strategi Pemasaran, Layout Produk
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 23 Aug 2021 11:05
Last Modified: 23 Aug 2021 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43452

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum