UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE DRILL DENGAN BANTUAN LKPD PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA

Rika Wulandari, NIM.: 16670042 (2020) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE DRILL DENGAN BANTUAN LKPD PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE DRILL DENGAN BANTUAN LKPD PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA)
16670042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE DRILL DENGAN BANTUAN LKPD PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA)
16670042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Kendala yang dialami oleh peserta didik kelas XMIA SMA PIRI 1 Yogyakarta adalah kurang aktifnya peserta didik dan masih terdapat peserta didik yang tidur saat mengikuti proses pembelajaran. Kondisi pembelajaran yang kurang kondusifini berdampak pada hasil belajar peserta didik yang masih rendah dengan rata-rata nilai berada dibawah angka 60. Tujuan dari penelitian adalah mengkaji langkah-langkah untuk meningkatkan keaktifan peserta didik menggunakan metode drill berbantuan LKPD dan mengkaji seberapa besar peningkatan keaktifan peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yang digunakan adalah metode tes dan non-tes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen non-tes. Metode tes digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik menggunakan instrumen lembar soal post-test dan metode non-tes digunakan untuk mengukur keaktifan peserta didik dengan cara penilaian diri menggunakan angket respons keaktifan peserta didik dan lembar observasi. Teknik analisis data keaktifan peserta didik dan hasil belajar peserta didik yang meliputi data kuantitatif dianalisis secara deskripsi dengan penyajian data berupa tabel dan persentase yang dideskripsikan dan dibuat kesimpulan dari masing-masing komponennya sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah untuk meningkatkan keaktifan peserta didikadalah (1) mempelajari konsep setiap materi yang diberikan, (2) memberikan latihan soal pada lembar kerja peserta didik (LKPD) dan latihan soal lainnya yang sama dengan soal dalam lembar kerja peserta didik (LKPD), (3) melakukan pembelajaran secara berkelompok, (4) melakukan upaya untuk dapat menarik perhatian peserta didik agar dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran. Peningkatan rata-rata persentase keaktifan peserta didik 32,33% siklus I menjadi 80,33% siklus II dengan kriteria sedang menjadi sangat tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik peningkatan rata-rata adalah 54,62 siklus I menjadi 76,67 siklus II, persentase ketuntasan 47,33% siklus I menjadi 76,67% siklus II dengan kriteria sedang menjadi sangat tinggi dan peningkatan jumlah peserta didik yang dapat tuntas dari batas nilai post-test adalah 7% yaitu 1 peserta didik siklus I menjadi 80% yaitu 12 peserta didik siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Shidiq Premono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PTK, metode drill, LKPD, keaktifan dan hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 23 Aug 2021 12:28
Last Modified: 23 Aug 2021 12:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43456

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum