PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SPIRITUAL MANAGEMENT DI MADRASAH ALIYAH MAFAZA BANGUNTAPAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Hasmiani, NIM. 16240072 (2020) PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SPIRITUAL MANAGEMENT DI MADRASAH ALIYAH MAFAZA BANGUNTAPAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SPIRITUAL MANAGEMENT DI MADRASAH ALIYAH MAFAZA BANGUNTAPAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
16240072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SPIRITUAL MANAGEMENT DI MADRASAH ALIYAH MAFAZA BANGUNTAPAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
16240072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam perspektif spiritual management yang diterapkan oleh Madrasah Aliyah Mafaza Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, subjek penelitian adalah pimpinan madrasah seperti Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru kelas program keagaman serta Musyrif dan Musyrifah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengembangan sumber daya manusia dalam perspektif spiritual management di Madrasah Aliyah Mafaza Banguntapan dibagi menjadi 3 (tiga) bagian : training (pelatihan), job rotation (rotasi jabatan), coaching-counseling. Selain itu ada sistem lain yang digunakan oleh Madrasah Aliyah Mafaza untuk meningkatkan kinerja meliputi: reward (penghargaan) dan punishment pengembangan sumber daya manusia dalam spiritual management diberlakukan oleh Madrasah Aliyah Mafaza untuk membentuk karakter islami pada karyawan sehingga bagi peneliti dengan adanya program pengembangan ini sudah relevan dengan spiritual management yang diinginkan oleh madrasah seperti telah ditanamkan pada diri setiap karyawan agar bekerja dengan ikhlas dan mengharapkan ridha Allah SWT bukan karena hal yang lainnya. Dengan demikian mereka tetap bekerja sesuai dengan visi dan misi yang ada Madrasah Aliyah Mafaza Banguntapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Muhammad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan SDM, Spiritual Management, Madrasah Aliyah Mafaza.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2021 12:05
Last Modified: 31 Aug 2021 12:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43619

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum