Analisis Korelasi Kanonik Robust dengan Metode Minimum Covariance Determinant (MCD) (Studi kasus : Hubungan Struktur Ekonomi terhadap Kesejahteraan Rakyat di Provinsi Jawa Tengah tahun 2018)

Cindyana Julita, NIM. 16610030 (2021) Analisis Korelasi Kanonik Robust dengan Metode Minimum Covariance Determinant (MCD) (Studi kasus : Hubungan Struktur Ekonomi terhadap Kesejahteraan Rakyat di Provinsi Jawa Tengah tahun 2018). Skripsi thesis, FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI.

[img]
Preview
Text (Analisis Korelasi Kanonik Robust dengan Metode Minimum Covariance Determinant (MCD) (Studi kasus : Hubungan Struktur Ekonomi terhadap Kesejahteraan Rakyat di Provinsi Jawa Tengah tahun 2018))
16610030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Analisis Korelasi Kanonik Robust dengan Metode Minimum Covariance Determinant (MCD) (Studi kasus : Hubungan Struktur Ekonomi terhadap Kesejahteraan Rakyat di Provinsi Jawa Tengah tahun 2018))
16610030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Analisis korelasi kanonik merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mencari hubungan dari kumpulan variabel independen dengan kumpulan variabel dependen. Analisis korelasi kanonik klasik menggunakan matriks varian covarian yang tidak dapat bekerja secara efektif apabila data yang dianalisis mengandung outlier. Pada penelitian ini, digunakan suatu penaksir robust untuk mengestimasi matriks varian kovarian yaitu Minimum Covariance Determinant (MCD). Penaksir Minimum Covariance Determinant merupakan penaksir robust yang bertujuan untuk mendapatkan determinan matriks varian kovarian yang terkecil. Analisis korelasi kanonik robust diharapkan mampu memperoleh hasil analisis yang efektif pada data yang mengandung outlier. Metode analisis korelasi kanonik robust pada penelitian ini diterapkan pada data hubungan struktur ekonomi terhadap kesejahteraan rakyat di provinsi Jawa Tengah pada tahun 2018. Korelasi kanonik robust dapat diinterpresakan lebih jauh karena dapat langsung menemukan fungsi yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh empat fungsi kanonik dengan fungsi pertama dan kedua yang signifikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingginya persentase penduduk pekerja sektor pertanian dan sektor industrsi dan pengolahan mempengaruhi tingginya persentase angka kelahiran total dan pendidikan terakhir SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Epha Diana Supandi, M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Analisis Korelasi kanonik, MCD, outlier
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Sep 2021 23:19
Last Modified: 01 Sep 2021 23:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43710

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum