PERSEPSI MAHASISWA DIFABEL TERHADAP EFEKTIFITAS PENDIDIKAN PEMAKAI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Ayu Amalia Rizki, NIM.: 13140019 (2020) PERSEPSI MAHASISWA DIFABEL TERHADAP EFEKTIFITAS PENDIDIKAN PEMAKAI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI MAHASISWA DIFABEL TERHADAP EFEKTIFITAS PENDIDIKAN PEMAKAI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13140019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI MAHASISWA DIFABEL TERHADAP EFEKTIFITAS PENDIDIKAN PEMAKAI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13140019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa difabel efektifitas pendidikan pemakai di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Untuk mengukur efektifitas pendidikan pemakai, peneliti menggunanakan teotri dari Rice dengan 3 domain (1). Domain Kognitif (Cognitive Domain) (2). Domain Afektif (Affectivr Domain) (3). Domain Psikomotor (Psycomotore Domain). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan jumlah responden adalah 80 mahasiswa difabel yang pernah mengikuti Pendidikan Pemakai di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan metode Angket/Kuesioner dan Wawancara. Uji validitas dan realibitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan rumus Mean dan Grand Mean. Hasil yang diperoleh dari rumus Mean dan Grand Mean dari masing-masing sub variabel yaitu untuk sub variabel tanggapan mahasiswa difabel terhadap sub variabel domain kognitif (Cogcitive Domain) sebesar 3,20 dapat dikategorikan efektif, tanggapan mahasiswa difabel terhadap sub variabel domain afektif (Affective Domain) sebesar 3,27 dapat dikategorikan sangat efektif, tanggapan mahasiswa difabel terhadap domain psikomotor (Pshycomotor Domain) sebesar 3,21 dapat dikategorikan efekktif. Berdasarkan keseluruhan nilai rata-rata dari ketiga sub variabel yang dihitung menggunakan rumus Mean dan Grand Mean diperoleh hasil sebesar 3,22 dan dapat dikategorikan efektif. Jadi dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa, persepsi mahasiswa difabel tentang efektifitas pendidikan pemaki di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus Skala Interval tergolong efektif, sehingga dapat dikatakan bahwa efektifitas pendidikan pemakai di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sudah efektif sesuai persepsi mahasiswa difabel. Riset ini memberikan rekomendasi untuk Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta agar mempertahankan dan mengembangkan kualitas pendidikan pemakai yang diberikan khususnya kepada mahasiswa difabel dan sebaiknya pemateri pendidikan pemakai lebih cermat saat mengajarkan OPAC kepada mahasiswa difabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SS., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemustaka Difabel, Pendidikan Pemakai, Perpustakaan Perguruan Tinggi
Subjects: DISABILITAS
Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Sep 2021 11:05
Last Modified: 02 Sep 2021 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43723

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum