AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL BATANG SERAI (CYMBOPOGON CITRATUS) DAN POTENSINYA SEBAGAI PEREDUKSI TINGKAT KETENGIKAN MINYAK JELANTAH

Rahmah Fajriyani, NIM. 16630025 (2021) AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL BATANG SERAI (CYMBOPOGON CITRATUS) DAN POTENSINYA SEBAGAI PEREDUKSI TINGKAT KETENGIKAN MINYAK JELANTAH. Skripsi thesis, FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI.

[img]
Preview
Text (AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL BATANG SERAI (CYMBOPOGON CITRATUS) DAN POTENSINYA SEBAGAI PEREDUKSI TINGKAT KETENGIKAN MINYAK JELANTAH)
16630025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL BATANG SERAI (CYMBOPOGON CITRATUS) DAN POTENSINYA SEBAGAI PEREDUKSI TINGKAT KETENGIKAN MINYAK JELANTAH)
16630025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian analisis aktivitas antioksidan ekstrak etanol batang serai (Cymbopogon citratus) serta potensinya dalam mereduksi tingkat ketengikan pada minyak jelantah. Minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan pokok yang digunakan untuk mengolah bahan pangan oleh masyarakat. Minyak goreng yang digunakan dalam suhu tinggi dan secara berulang-ulang dapat menyebabkan terjadinya proses oksidasi pada minyak. Proses oksidasi dapat mengakibatkan minyak goreng tersebut mengandung radikal bebas sehingga minyak mudah tengik. Upaya agar kualiatas dan jaminan kesehatan minyak goreng agar tetap terjaga perlu adanya penambahan antioksidan (Ayucitra dkk., 2011). Kini minyak sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat sehingga perlu jaminan kesehatan terhadap antioksidan yang digunakan sehingga produk minyak tetap terjaga kualitasnya sesuai dengan Standar Nasional Indonesia. Ekstrak etanol batang serai melalui uji fitokimia diketahui bahwa ekstrak mengandung senyawa metabolit sekunder yaitu alkaloid, flavonoid, steroid, saponin, dan fenol. Senyawa metabolit sekunder tersebut memiliki aktivitas antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas. Uji aktivitas antioksidan dilakukan menggunakan metode DPPH diketahui ekstrak etanol batang serai dan BHT (kontrol positif) memiliki aktivitas yang sangat kuat dengan IC50<50 yaitu 6,07 μg/ml dan 0,23 μg/ml. Aktivitas antioksidan dapat meningkatkan kualitas minyak jelantah dilihat dari menurunnya angka peroksida. Uji angka peroksida dalam mengetahui tingkat ketengikan dilakukan dengan metode iodometri diperoleh hasil yaitu angka peroksida awal 31, 8mg O2/mg. Angka peroksida semakin menurun dengan meningkatnya konsentrasi ekstrak . Hasil angka peroksida pada minyak jelanta h dengan konsentrasi 0,2%; 0,4%; 0,8%; dan BHT 0,02% yaitu 29,88 mg O2/mg; 26,29 mg O2/mg; 26,14 mg O2/mg; dan 29, 03 mg O2/mg. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol batang serai memiliki aktivitas antioksidan yang dapat menurunkan ketengikan pada minyak jelantah ditunjukan dengan menurunnya angka peroksida.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khamidinal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Serai, Minyak Jelantah, DPPH, Antioksidan dan Angka Peroksida
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Sep 2021 18:22
Last Modified: 02 Sep 2021 18:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43743

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum