UJI EFEKTIVITAS MEDIA PUPUK ORGANIK CAIR(POC) KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca) TERHADAP PERTUMBUHAN MIKROALGA Chlorella sp.

Dujan Khalil Gibran, NIM. 16640040 (2021) UJI EFEKTIVITAS MEDIA PUPUK ORGANIK CAIR(POC) KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca) TERHADAP PERTUMBUHAN MIKROALGA Chlorella sp. Skripsi thesis, FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI.

[img]
Preview
Text (UJI EFEKTIVITAS MEDIA PUPUK ORGANIK CAIR(POC) KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca) TERHADAP PERTUMBUHAN MIKROALGA Chlorella sp.)
16640040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UJI EFEKTIVITAS MEDIA PUPUK ORGANIK CAIR(POC) KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca) TERHADAP PERTUMBUHAN MIKROALGA Chlorella sp.)
16640040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kulit buah pisang kepok merupakan bagian yang seringkali tidak termanfaatkan dari proses konsumsi buah pisang kepok serta mengandung unsur hara N, P, serta K yang dapat dimanfaatkan menjadi Pupuk Organik Cair (POC) untuk solusi alternatif pupuk bagi kultivasi Chlorella sp.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi optimum POC kulit pisang kepok yang dapat mempengaruhi kepadatan dan biomassa sel Chlorella sp. Penelitian ini menggunakan metode RAL dengan lima macam perlakuan yaitu pupuk komersil walne sebagai kontrol positif serta POC kulit pisang dengan konsentrasi berturut-turut 7,5 mL/L; 10 mL/L; 12,5 mL/L; dan 15 mL/L. Proses kultivasi Chlorella sp. berlangsung selama lima hari dengan tiga kali ulangan pada setiap perlakuan dan diakhiri proses pemanenan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa POC kulit buah pisang kepok dengan konsentrasi 12,5 mL/L menjadi perlakuan yang menghasilkan kepadatan sel dan biomassa terbaik namun belum mampu untuk melampaui bahkan menyamai perlakuan dengan pupuk komersil walne

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Arifah Khusnuryani, S.Si., M. Si.
Uncontrolled Keywords: biomassa, Chlorella sp., kepadatan sel, kulit buah pisang kepok
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Sep 2021 18:45
Last Modified: 02 Sep 2021 18:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43745

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum