SHIRA’U AL-FALISTHININ AL-IJTIMA’I FI AR-RIWAYAH “MA TABQA LAKUM” LI GHASSAN KANAFANI BI DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA’IYYAH LI RANDALL COLLINS

Addin Sholikha, NIM.: 16110085 (2020) SHIRA’U AL-FALISTHININ AL-IJTIMA’I FI AR-RIWAYAH “MA TABQA LAKUM” LI GHASSAN KANAFANI BI DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA’IYYAH LI RANDALL COLLINS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SHIRA’U AL-FALISTHININ AL-IJTIMA’I FI AR-RIWAYAH “MA TABQA LAKUM” LI GHASSAN KANAFANI BI DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA’IYYAH LI RANDALL COLLINS)
16110085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SHIRA’U AL-FALISTHININ AL-IJTIMA’I FI AR-RIWAYAH “MA TABQA LAKUM” LI GHASSAN KANAFANI BI DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA’IYYAH LI RANDALL COLLINS)
16110085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul Shira’u al-Falisthinin al-Ijtima’i fi ar-Riwayah “Ma Tabqa Lakum” li Ghassan Kanafani bi Dirasah Tahliliyyah Ijtima’iyyah li Randall Collins (Konflik Sosial Masyarakat Palestina dalam Novel Ma Tabqa Lakum Karya Ghassan Kanafani yang diteliti menggunakan pendekatan Sosiologi Sastra Randall Collins). Novel ini menyentuh begitu banyak konflik terhadap stratifikasi di dalam ranah pekerjaan, jenis kelamin, pendidikan, usia dan etnis. masalah penelitian yang diangkat oleh peneliti yaitu: Bagaimana konflik sosial dalam novel Ma Tabqa Lakum?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konflik Masyarakat Palestina di dalam novel Ma Tabqa Lakum dengan menggunakan teori sosiologi Randall Collins. Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori sosiologi Randall Collins, sebuah teori yang menganalisis realitas sosial masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Teori sosiologi Randall Collins menganggap bahwa masyarakat senantiasa dalam proses perubahan yang ditandai dengan pertentangan yang terus menerus (konflik) yang disebabkan oleh adanya stratifikasi yang berkembang di masyarakat terutama dalam ranah pekerjaan dan hubungan antar kelompok. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang dilakukan dengan membaca, meneliti, dan mempelajari sumber data yang meliputi novel Ma Tabqa Lakum dan referensi-referensi yang berkaitan. Dengan menggunakan metode deskriptif analitik yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didalam novel Ma Tabqa Lakum terdapat konflik-konflik sosial masyarakat Palestina. Keterlibatan tokoh-tokoh novel Ma Tabqa Lakum dalam interaksi di ranah pekerjaan dan hubungan antar kelompok yang memunculnya stratifikasi dalam masyarakat Palestina. Kelas atas yang memiliki jabatan tinggi, kekuatan, kekayaan, kemampuan fisik serta komunikasi yang luas akan mendominasi dan mengendalikan kelas bawah dengan terus menerus memberi perintah, ancaman hingga paksaan yang dilakukan oleh Israel, laki-laki, orang tua, dan orang yang berpendidikan tinggi dalam novel MaTabqa> Lakum. Hierarki tersebut menuntut kelas bawah, yaitu: Palestina, perempuan, orang yang tidak berpendidikan, dan anak untuk patuh. Sehingga tidak ada lagi senjata yang tersisa bagi kelas bawah kecuali sumber daya emosional sebagai pertahanan sekaligus perlawanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Aning Ayu Kusumawati, S.Ag. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Palestina, Ghassan Kanafani, sosiologi, konflik, Randall Collins
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Sep 2021 11:34
Last Modified: 03 Sep 2021 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43765

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum