PENGGUNAAN MEDIA BAGAN TABEL PENULISAN HURUF HIJAIYAH PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING (ONLINE) TERHADAP PENINGKATAN MAHĀRAH KITĀBAH DI KELAS VII MTS NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Syukron Ro’al Fadli, NIM.: 13420010 (2020) PENGGUNAAN MEDIA BAGAN TABEL PENULISAN HURUF HIJAIYAH PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING (ONLINE) TERHADAP PENINGKATAN MAHĀRAH KITĀBAH DI KELAS VII MTS NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA BAGAN TABEL PENULISAN HURUF HIJAIYAH PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING (ONLINE) TERHADAP PENINGKATAN MAHĀRAH KITĀBAH DI KELAS VII MTS NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020)
13420010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA BAGAN TABEL PENULISAN HURUF HIJAIYAH PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING (ONLINE) TERHADAP PENINGKATAN MAHĀRAH KITĀBAH DI KELAS VII MTS NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020)
13420010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena berangkat dari permasalahan yang ada, yakni kurangnya pemanfaatan media pembelajaran bahasa Arab pada mahārah kitābah di kelas VII MTs Negeri 4 Sleman Tahun Ajaran 2019/2020. Dari situlah peneliti mencoba menerapkan media Bagan Tabel Penulisan Huruf Hijaiyah sebagai salah satu media pembelajaran inovatif dan alternatif dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada kemampuan dasar mahārah kitābah dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari penggunaan media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitiaan eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel diambil sebanyak 69 siswa dari kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Adapun teknik analisis data menggunakan uji paired samples t-test melalui SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t pada nilai pretest dan post-test. Hasil dari uji t pretest diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,380 > 0,05. Artinya tidak ada perbedaan yang signifkan pada kemampuan mahārah kitābah dasar siswa di awal siswa. Setelah itu dilakukan kembali uji t terhadap nilai post-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari pengujian tersebut diketahui nilai Sig. (2tailed) sebesar 0,043 < 0,05. Artinya terdapat perbedaan yang signifkan pada kemampuan mahārah kitābah dasar siswa setelah diberikan perlakuan menggunakan media bagan tabel penulisan huruf hijaiyah. Yaitu, nilai kelas eksperimen lebih rendah daripada kelas kontrol. 2) Faktor pendukung dalam penggunaan media bagan tabel penulisan huruf hijaiyah yaitu Belum adanya media pembelajaran untuk meningkatkan mahārah kitābah, Media bagan tabel yang praktis, jelas dan mudah digunakan, Ketersediaan waktu dalam penggunaan. Sedangkan faktor penghambat yang membuat penelitian ini menjadi tidak efektif yaitu Kondisi dan suasana belajar yang kurang mendukung, Minat belajar daring yang rendah, Terbatasnya kontrol guru terhadap siswa dan Pembelajaran daring (online) membutuhkan akses dengan kuota/wi-fi yang kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Media, Bagan Tabel Penulisan Huruf Hijaiyah, Mahārah Kitābah
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 06 Sep 2021 13:49
Last Modified: 06 Sep 2021 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43885

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum