FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI KERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN QAWA’ID DI MADRASAH DINIYYAH AN-NAWAWI PUTRI JEJERAN

Anisa Khasanah, NIM.: 13420016 (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI KERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN QAWA’ID DI MADRASAH DINIYYAH AN-NAWAWI PUTRI JEJERAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI KERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN QAWA’ID DI MADRASAH DINIYYAH AN-NAWAWI PUTRI JEJERAN)
13420016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI KERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN QAWA’ID DI MADRASAH DINIYYAH AN-NAWAWI PUTRI JEJERAN)
13420016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi guru dalam pembelajaran qawa’id. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada semua pihak yang terkait dengan pembelajaran qawa’id. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis data dengan model triangulasi untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja guru dalam pembelajaran qawa’id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Motivasi kerja guru alumni pendidikan bahasa Arab ditunjukkan dengan lebih matang dalam mempersiapkan menerapkan metode pembelajaran yang tidak hanya satu macam karena sudah pernah belajar di perguruan tinggi pendidikan dan lebih percaya diri dalam menguasai kelas seperti berkeliling kelas untuk mendekati siswa yang masih malu untuk bertanya di depan teman satu kelas, sedangkan motivasi kerja guru bukan alumni pendidikan bahasa Arab di Madrasah Diniyyah An Nawawi Jejeran dapat dilihat dari mereka mau berusaha membuat siswa agar tidak cepat bosan dengan belajar dari buku actif learning maupun dari pengalaman mereka pernah belajar di bidang yang sama. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja guru dalam pembelajaran qawa’id berupa guru yang alumni pendidikan bahasa Arab tentu sudah tertunjang dengan pengalaman mereka di perguruan tinggi bahasa Arab maupun pembelajaran yang pernah mereka alami sebagai siswa di Madrasah Diniyyah An Nawawi jadi mereka lebih bisa membawa diri dan menguasai kelas karena perpaduan dari dua pengalaman tersebut. sedangkan untuk guru yang bukan alumni pendidikan bahasa Arab lebih banyak termotivasi dari belajar secara mandiri baik dari lingkungan sekitar maupun dari buku, seperti buku actif learning. 3) Upaya yang dilakukan guru alumni pendidikan bahasa Arab dan bukan alumni pendidikan bahasa Arab dalam meningkatkan motivasi kerja untuk diri sendiri dapat disimpulkan yaitu dengan cara mengingat kembali tujuan mengajar agar bermanfaat untuk orang lain di sekitarnya dan rasa ingin menabdikan diri pada almamater dan guru mereka terdahulu, mereka akan kembali bersemangat untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurul Huda S.S., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Motivasi kerja guru, pembelajaran qawa’id
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 06 Sep 2021 13:55
Last Modified: 06 Sep 2021 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43891

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum