PERAMALAN PERMINTAAN PRODUK SHEEP CABRETTA CHROME DENGAN METODE AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE (ARIMA) DI PT ASA

Taqiyuddien Ahmad, NIM.: 13660051 (2020) PERAMALAN PERMINTAAN PRODUK SHEEP CABRETTA CHROME DENGAN METODE AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE (ARIMA) DI PT ASA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAMALAN PERMINTAAN PRODUK SHEEP CABRETTA CHROME DENGAN METODE AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE (ARIMA) DI PT ASA)
13660051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAMALAN PERMINTAAN PRODUK SHEEP CABRETTA CHROME DENGAN METODE AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE (ARIMA) DI PT ASA)
13660051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PT ASA merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan kulit, dari kulit mentah menjadi kulit yang nantinya siap diolah untuk diproses lagi menjadi barang jadi. Bahan baku berupa pikel kulit didapat dari supplier di dalam maupun luar negeri. Pelayanan yang dilakukan perusahaan untuk menjamin produknya sampai ketangan konsumen secara tepat waktu, dengan jumlah dan jenis yang sesuai serta dalam kondisi yang baik sangat krusial dalam penentuan apakah produk tersebut dapat bersaing di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk meramalkan permintaan produk Sheep Cabretta Chrome dengan metode Autoregressive Integrated Moving Average untuk menentukan kebutuhan jumlah toda transportasi. Pengolahan data diawali dengan peramalan jumlah permintaan tidak tetap produk sheep cabretta chrome disetiap lokasi distribusi menggunakan metode peramalan Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA). Langkah selanjutnya adalah menjadikan hasil peramalan permintaan selama 10 periode yang akan datang sebagai masukan dalam penetuan kebutuhan moda transportasi untuk memenuhi permintaan yang telah diramalkan selama 10 periode kedepan. Hasil dari penelitian ini menghasilkan peramalan dengan metode ARIMA dengan keakuratan yang tinggi ditandai dengan kecilnya nilai Mean Square Error pada data peramalan. Serta menyajikan hasil perhitungan peramalan penentuan kebutuhan transportasi yang paling tinggi terjadi pada periode ke-21 dengan kebutuhan 36 kali pengiriman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eng. Cahyono Sigit Pramudyo
Uncontrolled Keywords: Permintaan, Peramalan, Autoregressive Integrated Moving Average, Transportasi
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 07 Sep 2021 13:43
Last Modified: 07 Sep 2021 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43946

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum