ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE CONTINUOUS REVIEW SYSTEM DAN PERIODIC REVIEW SYSTEM (Studi Kasus: CV. OMAH KREASI YOGYAKARTA)

Munir Azhari, NIM.: 14660030 (2021) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE CONTINUOUS REVIEW SYSTEM DAN PERIODIC REVIEW SYSTEM (Studi Kasus: CV. OMAH KREASI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE CONTINUOUS REVIEW SYSTEM DAN PERIODIC REVIEW SYSTEM (Studi Kasus: CV. OMAH KREASI YOGYAKARTA))
14660030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE CONTINUOUS REVIEW SYSTEM DAN PERIODIC REVIEW SYSTEM (Studi Kasus: CV. OMAH KREASI YOGYAKARTA))
14660030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Peranan yang menunjang terjadinya produksi yang efektif dan efisien adalah perencanaan produksi dan pengendalian bahan baku. Pengendaliaan persediaan bahan baku harus dilakukan secara tepat dan optimal untuk menjaga kestabilan dalam proses produksi barang. CV. Omah Kreasi merupakan perusahaan souvenir pernikahan dengan produksinya menggunakan sistem make to order. Perusahaan yang menggunakan sistem make to order sering kali mengalami permasalahan probabilistik diantaranya permintaan konsumen yang tidak menentu sehingga mengakibatkan perusahaan mengalami kekurangan bahan baku, pemasok bahan baku mengalami ketidaktepatan waktu pengiriman dan belum adanya sistem pengelolaan manajemen bahan baku. Tujuan dari penelitian adalah membandingkan biaya persediaan bahan baku antara perusahaan dengan metode continuous review system dan periodic review system dan menentukan biaya persedian terkecil sehingga didapatkan waktu dan jumlah pemesanan yang tepat. Continuous review system dan periodic review system adalah metode pemecahan masalah terkait pengendalian persediaan probabilistik, dimana prinsip kedua ini adalah adanya cadangan pengamanan, ukuran lot pemesanan dan nilai pemesanan kembali. Total biaya persediaan bahan baku berdasarkan kebijakan perusahaan adalah sebesar Rp 294.015.197 dengan rincian sintetis prada botega sebesar Rp 230.935.829, resleting sebesar Rp 29.966.966, kepala resleting sebesar Rp 14.999.983 dan benang sebesar Rp 18.082.420. Hasil perhiungan menunjukan bahwa metode pengendalian persediaan terkecil untuk bahan baku di CV. Omah Kreasi adalah menggunakan metode continuous review system.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Cahyono Sigit Pramudyo, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Perencanaan dan pengendalian produksi, sistem make to order, probabilistik,, continuous review system, periodic review system
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 07 Sep 2021 14:00
Last Modified: 07 Sep 2021 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43950

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum