PENERAPAN TWO-WAY MULTIVARIATE ANALYSIS OF VARIANCE (MANOVA) PADA RANCANGAN ACAK LENGKAP FAKTORIAL (Studi Kasus : Pengaruh Pemberian Nitrogen dan Fosfor Terhadap Berat Kering, Kandungan Nitrogen dan Fosfor Legum Tropis Merambat Tahun 2016)

Zainul Khozin, NIM.: 16610001 (2020) PENERAPAN TWO-WAY MULTIVARIATE ANALYSIS OF VARIANCE (MANOVA) PADA RANCANGAN ACAK LENGKAP FAKTORIAL (Studi Kasus : Pengaruh Pemberian Nitrogen dan Fosfor Terhadap Berat Kering, Kandungan Nitrogen dan Fosfor Legum Tropis Merambat Tahun 2016). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN TWO-WAY MULTIVARIATE ANALYSIS OF VARIANCE (MANOVA) PADA RANCANGAN ACAK LENGKAP FAKTORIAL (Studi Kasus : Pengaruh Pemberian Nitrogen dan Fosfor Terhadap Berat Kering, Kandungan Nitrogen dan Fosfor Legum Tropis Merambat Tahun 2016))
16610001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN TWO-WAY MULTIVARIATE ANALYSIS OF VARIANCE (MANOVA) PADA RANCANGAN ACAK LENGKAP FAKTORIAL (Studi Kasus : Pengaruh Pemberian Nitrogen dan Fosfor Terhadap Berat Kering, Kandungan Nitrogen dan Fosfor Legum Tropis Merambat Tahun 2016))
16610001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu wilayah yang beriklim tropis, banyak tamanan-tanaman seperti untuk pakan, hiasan dan lain sebagainya. Salah satu tanaman pakan yaitu legum, legum sudah banyak di Indonesia, karena memiliki kualitas yang tinggi legum sering digunakan untuk pakan hewan, dengan menggunakan pupuk nitrogen dan fosfor akan membuat hasil legum semakin baik. Statistik merupakan cabang ilmu matematika yang memperlajari tentang data, dalam analisis statistik terdapat statistik univariat, bivariat, dan multivariat. Salah satu analisis yang bisa menganalisis banyak variabel yaitu analisis Multivariate Analysis of Variance (Manova), Manova merupakan perkembangan dari Analysis of Variance (Anova). Perbedaan yang mendasar dari Manova dan Anova terlihat pada jumlah variabel dependennya, jika Anova hanya satu, sedangkan Manova lebih dari satu. Manova sering digunakan dalam bidang rancangan percobaan, karena lebih ringkas dalam menganalisis data penelitian daripada Anova, sedangkan uji lanjut yang digunakan adalah uji Least Signficance Difference (LSD) yang mana uji tersebut membadingkan rata-rata setiap kelompok. Studi kasus tentang “Pemberian Pengaruh Nitrogen dan Fosfor Terhadap Berat Kering, Kandungan Nitrogen dan Fosfor Legum Tropis Merambat Tahun 2016” merupakan judul skripsi dari Nurmala Sari Fakultas Peternakan Universitas Jambi, didalamnya dibahas mengenai data penelitian yang menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial, akan diolah kembali dengan menggunakan analisis Manova yang lebih ringkas dalam menganalisis data tersebut. Hasil dari analisis dari data tersebut, dengan menggunakan Manova pada tingkat kepercayaan 95%. Terlihat bahwa faktor jenis legum dan jenis pupuk berpengaruh secara signifikan terhadap berat kering, kandungan nitrogen dan fosfor legum tropis merambat, namun interaksi antara faktor jenis legum dan jenis pupuk tidak berpengaruh secara signifikan karena nilai p-value kurang dari 0.05. Faktor jenis legum terhadap ketiga variabel respon memiliki kenggulan masing-masing. Sedangkan untuk jenis pupuk yang terbaik yaitu interaksi antara pupuk nitrogen dan fosfor, dengan mengkombinasikan antara pupuk nitrogen dan fosfor akan menghasilkan legum dengan kualitas yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Epha Diana Supandi, S.Si, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Analisis Variansi (Anova), Analisis Variansi Multivariat (Manova), Rancangan Acak Lengkap Faktorial, uji Least Signficance Difference (LSD).
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 08 Sep 2021 10:02
Last Modified: 08 Sep 2021 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44011

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum