FUNGSI GREEN DARI PERSAMAAN POISSON DAN PENERAPAN PERSAMAAN POISSON DALAM ELEKTROSTATIKA

Fathul Khairi, NIM.: 16610016 (2020) FUNGSI GREEN DARI PERSAMAAN POISSON DAN PENERAPAN PERSAMAAN POISSON DALAM ELEKTROSTATIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FUNGSI GREEN DARI PERSAMAAN POISSON DAN PENERAPAN PERSAMAAN POISSON DALAM ELEKTROSTATIKA)
16610016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FUNGSI GREEN DARI PERSAMAAN POISSON DAN PENERAPAN PERSAMAAN POISSON DALAM ELEKTROSTATIKA)
16610016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Persamaan diferensial parsial merupakan persamaan yang memuat fungsi peubah banyak beserta turunan-turunan parsial dari fungsi tersebut. Persamaan diferensial parsial memiliki banyak jenis, salah satunya adalah persamaan linear orde dua nonhomogen. Persamaan Poisson merupakan persamaan diferensial parsial linear orde dua nonhomogen. Persamaan Poisson memiliki banyak penerapan dalam fisika, salah satunya adalah dalam elektrostatika untuk menentukan medan potensial listrik. Masalah syarat batas merupakan masalah dalam persamaan diferensial parsial dengan syarat batas yang diberikan tidak berada dalam titik yang sama. Terdapat beberapa metode untuk membantu menyelesaikan masalah syarat batas salah satunya adalah menggunakan konsep fungsi green. Fungsi Green merupakan salah satu formula yang dapat digunakan untuk menemukan solusi fundamental dari suatu persamaan diferensial parsial. Fungsi Green dikonstruksi berdasarkan persamaan diferensial parsial yang diberikan beserta syarat batasnya. Skripsi ini menjelaskan langkah-langkah bagaimana mengkonstruksi fungsi Green dari persamaan Poisson yang dilengkapi dengan syarat batas Dirichlet dan bagaimana penerapan persamaan Poisson dalam Elektrostatika. Konstruksi fungsi Green dilakukan dengan bantuan fungsi dirac-delta dan identitas Green. Setelah bentuk solusi persamaan poisson yang didalamnya terdapat fungsi Green diperoleh, selanjutnya diperoleh bentuk fungsi Green melalui ekspansi fungsi eigen persamaan Poisson. Kemudian untuk memberikan gambaran bagaimana fungsi Green ditentukan dari persamaan Poisson dengan syarat batas Dirichlet, diberikan sebuah contoh. Selanjutnya bagian akhir skripsi ini menganalisis mengenai penerapan persamaan Poisson dalam Elektrostatika beserta contohnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Pipit Pratiwi Rahayu, S.Si., M.Sc; 2. Malahayati, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Persamaan diferensial parsial, fungsi Green, syarat batas, fungsi dirac-delta, ekspansi fungsi eigen, potensial listrik.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 08 Sep 2021 10:28
Last Modified: 08 Sep 2021 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44024

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum