STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP LANSIA YANG BEKERJA (Studi Pada Peran Komunitas Ketimbang Ngemis Yogyakarta)

Nisfa Dani Restiana, NIM.: 16720005 (2020) STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP LANSIA YANG BEKERJA (Studi Pada Peran Komunitas Ketimbang Ngemis Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP LANSIA YANG BEKERJA (Studi Pada Peran Komunitas Ketimbang Ngemis Yogyakarta))
16720005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP LANSIA YANG BEKERJA (Studi Pada Peran Komunitas Ketimbang Ngemis Yogyakarta))
16720005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan jumlah lansia yang terjadi di Indonesia setiap tahunnya dapat menimbulkan beberapa masalah. Salah satunya mengenai kesejahteraan dan lansia yang terlantar. Karena kurangnya perhatian mengenai permasalahan ini, maka perlu adanya upaya dari masyarakat untuk memberikan dukungan, baik dukungan sosial maupun ekonomi. Oleh karena itu bentuk dukungan masyarakat untuk memperhatikan kesejahteraan lansia yaitu melalui Komunitas Ketimbang Ngemis Yogyakarta (KNY) untuk meminimalisir permasalahan tersebut. Karena KNY merupakan suatu komunitas sosial yang memiliki tujuan untuk membantu mensejahterakan lansia yang masih semangat bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemanfaatan media sosial yang dilakukan oleh Komunitas Ketimbang Ngemis Yogyakarta untuk meningkatkan kepedulian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumen, dan metode analisis data. Kemudian teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori stimulus organisme respon oleh Carl I. Hovland. Teori tersebut digunakan untuk menganalisis hasil temuan di lapangan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, strategi pemanfaatan media sosial yang dilakukan KNY yaitu dengan memanfaatkan media sosial untuk mengunggah konten mengenai lansia yang sedang bekerja dan pantang meminta-minta. Tujuannya yaitu untuk mempersuasi followers agar lebih peduli terhadap lansia yang semangat bekerja. Strategi pemanfaatan media sosial yang dilakukan oleh KNY tersebut juga bertujuan untuk mengurangi permasalahan mengenai lansia dan meningkatkan kesejahteraan lansia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa komunitas Ketimbang Ngemis Yogyakarta bertujuan untuk membantu lansia yang kurang sejahtera. Proses yang dilakukan oleh Ketimbang Ngemis Yogyakarta untuk meminimalisir masalah tersebut yaitu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi atau media sosial. Dengan memanfaatkan media sosial, KNY berupaya mengajak masyarakat untuk peduli terhadap sesama. Seperti mengunggah konten tentang lansia yang masih bekerja di usia yang sudah tidak produktif dan pantang meminta-minta. Dalam mengunggah konten KNY selalu mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lansia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ambar Sari Dewi S.Sos, M.A, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Teori Stimulus Organisme Respon; lanjut usia; Lembaga Aksi Cepat Tanggap
Subjects: Media Sosial
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Sep 2021 14:24
Last Modified: 09 Sep 2021 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44112

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum