PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA

Fadhila Kurnia Estri, NIM.: 16600069 (2020) PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA)
16600069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA)
16600069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) apakah ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) apakah ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan logis matematis dan kecerdasan visual spasial secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian korelasional. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 16 Yogyakarta di kelas VIII A, VIII B, dan VIII C tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan sebanyak 36 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu skala kecerdasan logis matematis dan skala kecerdasan visual spasial. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan logis matematis dan kecerdasan visual spasial secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Logis Matematis, Kecerdasan Visual Spasial, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 10 Sep 2021 08:37
Last Modified: 10 Sep 2021 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum