ALIF LAM AL TA’RIFIYAH FI AL RIWAYAH “FI SABIL AL TAJ” LI MUSTHAFA LUTHFI AL MANFALUTI (DIRASAH TAHLILYYAH BALAGHIYYAH)

Muchamad Ridwan, NIM.: 15110093 (2021) ALIF LAM AL TA’RIFIYAH FI AL RIWAYAH “FI SABIL AL TAJ” LI MUSTHAFA LUTHFI AL MANFALUTI (DIRASAH TAHLILYYAH BALAGHIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ALIF LAM AL TA’RIFIYAH FI AL RIWAYAH “FI SABIL AL TAJ” LI MUSTHAFA LUTHFI AL MANFALUTI (DIRASAH TAHLILYYAH BALAGHIYYAH).)
15110093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (ALIF LAM AL TA’RIFIYAH FI AL RIWAYAH “FI SABIL AL TAJ” LI MUSTHAFA LUTHFI AL MANFALUTI (DIRASAH TAHLILYYAH BALAGHIYYAH).)
15110093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Alif Lam at-Ta’rifiyah fi ar-Riwayah “Fi Sabil al-Taj” li Musthafa Luthfi Al-Manfaluti (Dirasah Tahlilyyah Balaghiyyah). Skripsi ini mengkaji tentang penggunaan alif lam dalam novel Fi Sabil al-Taj. Alif lam merupakan salah satu tanda ta’rif sebuah kata, yang membedakannya dari tankir. Dalam ilmu Balaghah perkara ta‘rif dan tankir masuk ke dalam pembahasan ilmu Ma’ani. Penelitian ini menggunakan kajian ilmu ma’ani, dengan tujuan untuk mengklasifikasi macam-macam alif lam yang digunakan dalam novel Fi Sabil al-Taj. Penelitian ini bersifat kualitatif yang dengan data-data diambilkan dari bahan kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Fi Sabil al-Taj, semua alif lam bersifat ‘ahdiyyah, baik terdapat alif wa al-lam Al-‘ahdiyah sharih, alif wal lam Al-‘ahdiyah dzihni, dan alif wal lam Al-‘ahdiyah hudhur. Adapun alif lam yang masuk dalam kategori jinsiyyah, tidak ditemukan adanya data yang menggunakannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Umi Nurun Ni’mah, S.S., M.Hum
Uncontrolled Keywords: alif lam; Fi Sabil al-Taj; Balaghah
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab - Kata Kerja
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 10 Sep 2021 20:45
Last Modified: 14 Apr 2022 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44198

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum