PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB IQUIZ.SG UNTUK MENINGKATAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMK DIPONEGORO DEPOK

Fadilah Dwi Aryani, NIM.: 18204020039 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB IQUIZ.SG UNTUK MENINGKATAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMK DIPONEGORO DEPOK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB IQUIZ.SG UNTUK MENINGKATAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMK DIPONEGORO DEPOK)
18204020039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB IQUIZ.SG UNTUK MENINGKATAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMK DIPONEGORO DEPOK)
18204020039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui prosedur pembuatan dan pengembangan media pembelajaran berbasis Web (Iquiz.sg); (2) Mengetahui pembelajaran bahasa Arab berbasis Web (Iquiz.sg) pada siswa kelas XI SMK Diponegoro Depok; (3) Mengetahui peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Web (Iquiz.sg); (4) Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Web (Iquiz.sg). Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model dari Borg & Gall dan Dick & Carey yang terbagi menjadi empat tahapan yaitu studi pendahuluan, analisis kurikulum, pengembangan produk media pembelajaran, dan evaluasi produk. Pengembangan media ini juga telah melalui uji validitas oleh ahli materi, ahli media dan pendidik bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) media pembelajaran berbasis web iquiz.sg dikembangkan melalui empat tahap yaitu studi pendahuluan, analisis kurikulum, pengembangan produk media pembelajaran, dan evaluasi produk. Hasil validasi oleh ahli media sebesar 72 dari skor maksimal 90. Ahli materi memperoleh skor 45 dari skor maksimal 55 dan pendidik bahasa Arab memperoleh skor total 85 dari skor maksimal 110. Hasil tersebut menunjukan bahwa media yang dikembangkan termasuk kategori sangat baik sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Uji coba produk dilakukan dengan tahapan uji coba perorangan dan uji coba kelompok besar; (2) pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan menggunakan media iquiz.sg menjadi solusi dalam pembelajaran secara daring karena dapat diakses kapanpun dan dimanapun sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa kelas XI SMK; (3) ) hasil uji hipotesis minat belajar diperoleh besar koefisien perbedaan rata-rata sebesar 21,71 dengan besarnya koefisien korelasi dari data sebelum dan sesudah eksperimen mengalami perubahan sebesar -10,3 %, hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran web (Iquiz.sg) memiliki pengaruh yang lemah dan berlawanan; (4) hasil uji hipotesis motivasi belajar diperoleh besar koefisien perbedaan rata-rata sebesar 5,000 dengan besarnya koefisien korelasi dari data sebelum dan sesudah eksperimen sebesar -2,7 % menunjukan bahwa pengaruh media pembelajaran web yang dihasilkan lemah dan berlawanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Zainal Arifin Ahmad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Web (Iquiz.sg) , Minat Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 15 Sep 2021 00:00
Last Modified: 15 Sep 2021 00:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44238

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum