PENGEMBANGAN E-LEARNING MOODLE PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI PENINGKATAN PRESTASI SISWA MTs ASSALAFIYYAH MLANGI YOGYAKARTA

Naning Ma’rifatul Faiqoh, NIM.: 18204020032 (2020) PENGEMBANGAN E-LEARNING MOODLE PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI PENINGKATAN PRESTASI SISWA MTs ASSALAFIYYAH MLANGI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-LEARNING MOODLE PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI PENINGKATAN PRESTASI SISWA MTs ASSALAFIYYAH MLANGI YOGYAKARTA)
18204020032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-LEARNING MOODLE PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI PENINGKATAN PRESTASI SISWA MTs ASSALAFIYYAH MLANGI YOGYAKARTA)
18204020032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana tahapan pengembangan e-learning moodle terhadap peningkatan prestasi siswa MTs Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui kelayakan e-learning moodle terhadap peningkatan prestasi siswa MTs Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta (3) Untuk mengetahui Prestasi Belajar Siswa pada pembelajaran bahasa Arab e-learning moodle. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D yang dikembangkan berdasarkan teori pengembangan Stephen M. Allessi and Stanley R Trolip yang terangkum dalam tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap desain dan tahap pengembangan. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes meliputi pretest dan posttest, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan e-learning moodle bahasa Arab untuk siswa MTs Assalafiyyah Mlangi dilakukan tiga tahapan: pertama tahap perencanaan meliputi 1) mendefinisikan ruanglingkup batasan -learning moodle bahasa Arab; 2) mengidentifikasi karakteristik siswa; 3)sumberdaya pendukung yang dikukan miliki madrasah; 4) melakukan brainstorming dengan guru dan teman sejawat. Kedua tahap desain yang meliputi : 1) pembuatan flowchart; 2) melakukan analisis konsep; 3) membuat desain storyboard e-learning moodle bahasa Arab; 4) menentukan activity sebagai penunjang pembelajaran. Ketiga tahap pengembangan e-learning moodle bahasa Arab meliputi 1) pembuatan bahan presentasi; 2) melakukan hosting; 3) menyusun, meng-upload dan mengatur isi e-learning; 4) membuat petunjuk penggunaan e-learning bahasa Arab; 5) melakukan uji alpha (validasi produk elearning); 6) revisi produk; 7) uji coba beta; 8) revisi produk; 9) uji coba produk (pada kelas besar); 10) revisi produk akhir (2) Pengembangan E-Learning Moodle Pada Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Peningkatan Prestasi Siswa MTs Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, hal ini dibuktikan hasil rata-rata penilaian ahli materi I sebesar “4.67” dengan kategori “sangat baik” dan ahli materi II sebesar “50” dengan kategori “sangat baik”. Sedangkan penilaian ahli media meliputi aspek rekayasa perangkat lunak, tampilan serta komunikasi dengan pengguna menghasilkan ratarata nilai “4.4” dengan kategori “baik” (3) Prestasi belajar siswa pada pembelajaran bahas Arab e-learning moodle menunjukkan hasil yang meningkat. Hal ini dibuktikan hasil uji perbandingan naik sebesar 1.08 dan diperkuat dengan uji wilcoxon didapatkan nilai yang signifikan yaitu 0.000.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Media, E-Learning,Moodle, dan Prestasi.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Sep 2021 00:01
Last Modified: 15 Sep 2021 00:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44239

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum