EFEKTIVITAS MEDIA MENTIMETER DALAM PEMAHAMAN MATERI BAHASA ARAB SISWA KELAS IX MTSN 9 BANTUL PADA PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021

Desi Rahmania Zulfa, NIM.: 17104020057 (2020) EFEKTIVITAS MEDIA MENTIMETER DALAM PEMAHAMAN MATERI BAHASA ARAB SISWA KELAS IX MTSN 9 BANTUL PADA PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA MENTIMETER DALAM PEMAHAMAN MATERI BAHASA ARAB SISWA KELAS IX MTSN 9 BANTUL PADA PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA MENTIMETER DALAM PEMAHAMAN MATERI BAHASA ARAB SISWA KELAS IX MTSN 9 BANTUL PADA PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar serta sulitnya pemahaman siswa terhadap materi bahasa arab dikarenakan metode belajar yang monoton dan terkesan membosankan. Oleh karena itu sangat diperlukan bagi guru untuk melakukan inovasi terkait metode dan media pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Maka dalam penelitian ini peneliti ingin menawarkan sekaligus mengetahui efektivitas dari suatu media pembelajaran yaitu media mentimeter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media mentimeter dalam pemahaman materi siswa dengan melihat kenaikan nilai prestasi akademik siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa media mentimeter. Pada penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian Pre-test Post-test Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di MtsN 9 Bantul dengan menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas IX D sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang akan diberikan materi menggunakan media mentimeter dan kelas IX C sebagai kelas kontrol yang akan diberikan materi menggunakan media konvensional yaitu power point. Berdasarkan perhitungan statistik yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai sig 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan pemahaman materi Bahasa arab kelas yang menggunakan media mentimeter dengan kelas yang menggunakan media konvensional. Karena adanya perbedaan yang signifikan maka hipotesis penelitian juga terjawab, yakni “Adanya korelasi positif antara respon siswa terhadap penggunaan media mentimeter dalam pemahaman materi bahasa arab siswa kelas IX MtsN 9 Bantul pada pembelajaran daring tahun ajaran 2020/2021”. Kata Kunci: Media Mentimeter, Pemahaman, Pembelajaran Daring, Bahasa Arab, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurul Huda, S.S.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Materi Bahasa Arab; media pembelajaran
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 05 Oct 2021 13:43
Last Modified: 05 Oct 2021 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44294

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum