PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO WHITEBOARD ANIMATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING BAHASA ARAB DI TENGAH PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS IX B MTs N 09 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021

Wahyu Dwi Taryanto, NIM.: 17104020061 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO WHITEBOARD ANIMATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING BAHASA ARAB DI TENGAH PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS IX B MTs N 09 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO WHITEBOARD ANIMATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING BAHASA ARAB DI TENGAH PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS IX B MTs N 09 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021)
17104020061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO WHITEBOARD ANIMATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING BAHASA ARAB DI TENGAH PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS IX B MTs N 09 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021)
17104020061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa selama proses pembelajaran bahasa Arab secara daring yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang sedang melanda negeri ini. Seluruh aktivitas masyarakat dibatasi oleh pemerintah, termasuk diantaranya proses belajar mengajar, yang pada umumnya diselenggarakan dengan tatap muka antara guru dengan siswa secara langsung, kini harus dilaksanakan secara daring, demi memutus rantai penyebaran Covid-19. Maka pada penelitian ini, peneliti menawarkan sebuah media pembelajaran yang telah ia kembangkan, sebagai wadah guru dalam membantu proses pembelajaran bahasa Arab secara daring, begitu pula bagi peneliti ingin mengetahui efektivas dari media pembelajaran video whiteboard animation ini dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti mengggunakan desain penelitian Research and Development (R&D) sebagai proses pengembangan media tersebut, kemudian pada tahap uji coba produk peneliti menggunakan 3 siklus, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya dengan menggunakan media pembelajaran ini. Peneliti menggunakan tehnik pengambilan sample sampling jenuh, dengan menggunakan seluruh populasi dari kelas IX B MTs N 09 Bantul Yogyakarta, sebagai responden dalam setiap siklusnya. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh data proses pembuatan media pembelajaran bahasa Arab berbasis video whiteboard animation yaitu berawal dari tahap pra produksi (penyusunan materi, penyusunan skenario pada story board, pebuatan mufradat dan gambar pendukung lainnya), tahap produksi (proses penganimasioan), serta tahap pasca produksi (melakukan penggabungan antar adegan, penambahan sound effect, backsound serta proses rendering) sehingga dihasilkan produk media pembelajaran media pembelajaran bahasa Arab berbasis video whiteboard animation. Untuk hasil keefektivan media pembelajaran bahasa Arab berbasis video whiteboard animation ini, dapat dilihat dari kenaikan rata-rata nilai keseluruhan siswa dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada siklus I nilai rata-rata keseluruhan siswa sebesar 77, kemudian pada siklus II nilai rata-rata keseluruhan siswa sebesar 80, dan pada siklus III nilai rata-rata keseluruhan siswa sebesar 86. Dengan demikian dapat dikatan bahwa media pembelajaran video whiteboard animation efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IX B MTs N 09 Bantul Yogyakarta, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pebimbing: Dr. Nurhadi, M.A
Uncontrolled Keywords: Video Whiteboard Animation; hasil belajar; pembelajaran daring, Bahasa Arab; Pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 05 Oct 2021 13:28
Last Modified: 05 Oct 2021 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44311

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum