IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE ANAK USIA DINI ERA PANDEMI COVID-19 DI RA MASYITHOH DENGOK II, PLAYEN, GUNUNG KIDUL

Qotrun Nada Nafi’ah, NIM.: 17104030009 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE ANAK USIA DINI ERA PANDEMI COVID-19 DI RA MASYITHOH DENGOK II, PLAYEN, GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE ANAK USIA DINI ERA PANDEMI COVID-19 DI RA MASYITHOH DENGOK II, PLAYEN, GUNUNG KIDUL)
17104030009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE ANAK USIA DINI ERA PANDEMI COVID-19 DI RA MASYITHOH DENGOK II, PLAYEN, GUNUNG KIDUL)
17104030009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pandemi yang disebabkan Novel Coronavirus atau covid-19 merubah segala aspek kehidupan manusia termasuk ranah pendidikan di Indonesia. Dalam rangka mengatasi penyebaran coronavirus, pembelajaran online menjadi salah satu solusinya, namun tidak semua lembaga sudah familiar dengan pembelajaran online. Hal tersebut menjadi latar belakang peneliti untuk mengkaji bagaimana implementasi pembelajaran online, baik mengenai teknis pembelajaran hingga aplikasi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu secara menyeluruh bagaimana implementasi pembelajaran online sekaligus faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang keseluruhan datanya berfokus pada proses implementasi pembelajaran online selama pandemi. Adapun pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang sudah diperoleh kemudian disusun secara sistematis dan ditarik kesimpulan. Uji keabsahan data mengguanakan teknik triangulasi data yaitu dengan mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan fungsinya pembelajaran online selama pandemi berfungsi sebagai replacement (pengganti) pembelajaran tatap muka, karena implementasinya hampir seluruh pembelajaran dipandu melalui media elektronik dan dilakukan dari rumah. Seluruh kegiatan anak dikontrol melalui WhatsApp grup, dilengkapi dengan pembagian LKS yang sesuai dengan tema RPPM. Evaluasi pembelajaran bersumber dari hasil karya anak. Meskipun belum memenuhi karakteristik pembelajaran anak, namun pembelajaran online dianggap mampu mendukung proses belajar anak di rumah selama masa pandemi (2) faktor pendukung implementasi pembelajaran online yaitu: komunikasi yang baik, zona wilayah, faktor usia orang tua dan motivasi belajar-mengajar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kecepatan jaringan internet, sarana-prasarana, kesibukan orang tua, dan motivasi belajar anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pebimbing : Dr. Erni Munasiwi, M.M
Uncontrolled Keywords: implementasi, pembelajaran online, anak usia dini, pandemi covid-19
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 05 Oct 2021 13:22
Last Modified: 05 Oct 2021 13:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44316

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum