IMPLEMENTASI METODE TABARAK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN PADA ANAK USIA DINI DI TAHFIDZ ANAK USIA DINI (TAUD) FATHIMATUZZAHRA BANGUNTAPAN BANTUL

DEWI PUSPITASARI, NIM. 17104030056 (2020) IMPLEMENTASI METODE TABARAK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN PADA ANAK USIA DINI DI TAHFIDZ ANAK USIA DINI (TAUD) FATHIMATUZZAHRA BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE TABARAK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN PADA ANAK USIA DINI DI TAHFIDZ ANAK USIA DINI (TAUD) FATHIMATUZZAHRA BANGUNTAPAN BANTUL)
17104030056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE TABARAK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN PADA ANAK USIA DINI DI TAHFIDZ ANAK USIA DINI (TAUD) FATHIMATUZZAHRA BANGUNTAPAN BANTUL)
17104030056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti tentang metodemenghafal Al-Quran diTAUD Fathimatuzzahra yaitu dengan metodeTabarakyang ditemukan oleh Syeikh Dr. Kamil el-Laboody. Hal ini merupakan upaya untuk memberikan stimulus-stimulus kepada anak usia dini untuk menghafalkan Al-Quran, karenaanak usia dini adalah anak yang masih dalam usia emas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Tabarak dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam upaya meningkatkan hafalan anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan cara melihat keadaan riil di lapangan (field research) yang bersifat kualitatif yaitu penelitian deskriptif yang menyajikan data secara sistematik dan memaparkan objek yang sebenarnya di lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengolah data peneliti menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunaka trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Tabarak merupakan metode yang efektif digunakan untuk membimbing anak usia dini dalam menghafal al Qur‟an. Hal tersebut berdasarkan output hafalan yang didapatkan yaitu dengan tercapainya target hafalan menghafal juz 30 sebanyak 38 surat dengan surat al-fatihah dalam waktu 1 semester di level 1 dan terlebih karena metode Tabarak adalah metode yang memanfaatkan media elektronik dalam setiap proses pembelajaranya. Faktor pendukung yang membantu tercapainya hafalan anak adalah dengan adanya fasilitas yang memadai, pengajar yang telah tersertifikasi dan pernah mengikuti pelatihan metode Tabarak, Antusias peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung, serta adanya dukungan dari orangtua dalam menjadikan anak sebagai penghafal Al-Quran. Faktor penghambat metode Tabarak dalam meningkatkan hafalan Al-Quran anak usia dini yaitu keterlambatan anak ketika hadir ke sekolah, keterlambatan anak pada saat tidur, gangguan dari hal ghaib serta kurangnya waktu orangtua dalam menemani anak untuk menghafal dan mengulang hafalan anak pada saat dirumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M.A
Uncontrolled Keywords: Katakunci: Implementasi, Metode Menghafal Al-Quran , Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 05 Oct 2021 13:23
Last Modified: 05 Oct 2021 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44317

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum