EFEKTIVITAS MEDIA QUIZIZZ SEBAGAI ALAT EVALUASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 2 DI SD N 1 DODOGAN DLINGO

Septivianti Putri Indra, NIM.: 17104080035 (2021) EFEKTIVITAS MEDIA QUIZIZZ SEBAGAI ALAT EVALUASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 2 DI SD N 1 DODOGAN DLINGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA QUIZIZZ SEBAGAI ALAT EVALUASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 2 DI SD N 1 DODOGAN DLINGO)
17104080035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA QUIZIZZ SEBAGAI ALAT EVALUASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 2 DI SD N 1 DODOGAN DLINGO)
17104080035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian adalah guru kelas yang belum dapat memanfaatkan teknologi sebagai penunjang untuk membantu peserta didik dalam memahami materi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektivitas penggunaan media Quizizz sebagai alat evaluasi pembelajaran tematik kelas IV terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV, (2) penggunaan media Quizizz sebagai alat evaluasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi prestasi belajar peserta didik yang diambil dari pemberian soal pretest dan posttest. Instrumen penelitian ini diuji dengan validitas isi dan konstruk oleh ahli serta validitas empiris pada kelas V SD N 1 Dodogan. Pengujian prasyarat normalitas dilakukan dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dilakukan dengan Levene Test analisis One-Way Anova. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik nonparametric uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney serta uji Mann-Whitney untuk n-gain score, sedangkan pengujian efektivitas dilakukan dengan menggunakan rumus n-gain. Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil uji hipotesis yaitu uji Mann-Whiney U pada nilai posttest didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, terdapat perbedaan rata-rata pada nilai posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam hasil uji Mann-Whiney U pada nilai n-gain test didapatkan hasil signifikansi sebesar 0,000 < 0.05, artinya penggunaan media Quizizz sebagai alat evaluasi efektif terhadap hasil belajar peserta didik; (2) Hasil uji hipotesis yaitu uji Wilcoxon diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05 dengan rincian nilai signifikansi pada kelas eskperimen yakni sebesar 0,000, artinya terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: efektivitas, media Quizizz, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 01 Oct 2021 13:48
Last Modified: 01 Oct 2021 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44341

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum