PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA POP UP BOOK MATERI DAUR HIDUP HEWAN UNTUK KELAS V MI/SD

Yoga Catur Prasetiyo, NIM.: 17104080063 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA POP UP BOOK MATERI DAUR HIDUP HEWAN UNTUK KELAS V MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA POP UP BOOK MATERI DAUR HIDUP HEWAN UNTUK KELAS V MI/SD)
17104080063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA POP UP BOOK MATERI DAUR HIDUP HEWAN UNTUK KELAS V MI/SD)
17104080063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengembangan media pembelajaran IPA pop up book materi daur hidup hewan kelas V dan mengetahui kelayakan media pembelajaran IPA pop up book berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Dissemination (Penyebaran). Instrumen penelitian berupa angket yang memiliki skala pengukuran Likert untuk mengetahui penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, dan skala pengukuran Guttman dalam bentuk checklist untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran pop-up book. Uji coba dilakukan kepada sejumlah 30 peserta didik kelas V dalam rentang usia 10-12 tahun. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian dari para ahli dijumlahkan untuk masing-masing kategori atau kriteria penilaian kemudian dipersentase berdasarkan persentase keidealan sehingga diketahui kelayakan media pembelajaran. Hasil Penelitian pengembangan media pembelajaran IPA pop-up book berdasarkan hasil penilaian oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa memperoleh rata-rata skor 4,79 serta termasuk dalam kategori “SB” (Sangat Baik). Respon peserta didik terhadap media pembelajaran IPA pop-up book memperoleh penilaian dengan rata-rata persentase skor mencapai 97,9% dan termasuk dalam kategori ”Positif”. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa “Media Pembelajaran IPA Pop-Up Book Materi Daur Hidup Hewan Untuk kelas V MI/SD yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran IPA di sekolah. Kata Kunci: Pengembangan, Pop-Up Book, Pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pebimbing: Fitri Yuliawati, S.Pd.Si., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pop-Up Book, Pembelajaran IPA.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 01 Oct 2021 13:47
Last Modified: 01 Oct 2021 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44342

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum