IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL ANAK DI TK ISLAM PLUS MUTIARA YOGYAKARTA

Maghfur Rohmat, NIM : 14430077 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL ANAK DI TK ISLAM PLUS MUTIARA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL ANAK DI TK ISLAM PLUS MUTIARA YOGYAKARTA)
14430077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL ANAK DI TK ISLAM PLUS MUTIARA YOGYAKARTA)
14430077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil tema Implementasi Pembelajaran Berbasis TIK untuk Menumbuhkan Literasi Digital Anak di TK Islam Plus Mutiara Yogyakarta. Latar belakang dari pemilihan tema ini adalah karena di TK Islam Plus Mutiara Yogyakarta sudah memiliki sentra multimedia. Di mana di sentra multimedia ini para peserta didik diperkenalkan dengan berbagai perangkat Teknologi Informasi dan juga diajarkan cara menggunakannya. Adapun fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berbasis TIK di TK Islam Plus Mutiara, output atau hasil dari pembelajaran berbasis TIK terhadap literasi digital anak, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran berbasis TIK di TK Islam Plus Mutiara Yogyakarta, khususnya di Kelas A. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triagulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa bahwa implementasi pembelajaran berbasis TIK di TK Islam Plus Mutiara Yogyakarta, khususnya untuk kelas kelompok A, ditempuh dengan lima model pembelajaran, di antaranya adalah (1) model pengenalan tentang perangkat media digital kepada para peserta didik yang teknisnya ditempuh dengan dua teknik pembelajaran: ceramah-interaktif dan praktik (memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyentuh sekaligus mengoperasikan secara bergiliran); (2) model pembelajaran dengan memanfaatkan media video melalui perangkat komputer ataupun laptop yang dikoneksikan dengan perangkat proyektor LCD, yang teknisnya ditempuh dengan cara menonton maupun menirukan apa yang ada di video dengan cara bernyanyi dan menari; (3) model pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi game viasmartphone yang teknisnya dilakukan dengan cara memberikan perintah penyelesaian materi game oleh guru kepada peserta didik secara bergiliran; (4) model pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi E-Book audio yang teknisnya dilakukan dengan cara menyimak audio, teks dan ilustrasi E-Book yang ditampilkan melalui perangkat proyektor LCD dan soundsystem; dan (5) model pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi E-Drawing melalui perangkat smartphone yang teknisnya dilakukan dengan cara memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk praktik menggambar dan mewarnai via smartphone secara bergiliran. Sementara beberapa kendala yang membuat implementasi pembelajaran berbasis TIK di TK Islam Plus Mutiara Yogyakrta, khususnya untuk kelas kelompok A, kurang maksimal, di antaranya adalah (1) keterbatasan perangkat media, (2) kondisi peserta didik yang masih anak-anak, (3) kompetensi guru yang masih minim/rendah, dan (4) dukungan atau support orang tua yang kurang maksimal. Adapun hasil (output) yang didapat dari pembelajaran berbasis TIK terhadap literasi digital anak/peserta didik meliputi poin-poin berikut: (1) ketertarikan anak/peserta didik untuk mengenal perangkat media digital cukup tinggi, (2) anak lebih senang dan nyaman dengan model pembelajaran berbasis media digital/TIK, dan (3) peserta didik mampu mengoperasikan perangkat media digital/TIK seperti komputer atau laptop dan HP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M.Pd
Uncontrolled Keywords: implementasi, pembelajaran berbasis TIK, literasi digital anak, TK Islam Plus Mutiara Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 11:10
Last Modified: 16 Sep 2021 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44434

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum