POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK UMUR 4-6 TAHUN DI DUSUN KALIBUKO 1 KALIREJO KOKAP KULON PROGO

DIKI NURZAMAN, NIM: 14430085 (2021) POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK UMUR 4-6 TAHUN DI DUSUN KALIBUKO 1 KALIREJO KOKAP KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK UMUR 4-6 TAHUN DI DUSUN KALIBUKO 1 KALIREJO KOKAP KULON PROGO)
14430085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK UMUR 4-6 TAHUN DI DUSUN KALIBUKO 1 KALIREJO KOKAP KULON PROGO)
14430085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pentingnya kemandirian mulai tumbuh berkembang kedalam diri anak sejak usia dini. Hal ini penting karena ada kecenderungan di kalangan orang tua sekarang ini untuk memberi proteksi secara berlebihan terhadap anak-anaknya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pola asuh apa yang diterapkan orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak umur 4-6 tahun, (2) untuk mengetahui faktor-faktor kemandirian anak umur dini anak 4-6 tahun Dusun kalibuko 1 Kalirejo Kokap Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah orangtua anak/murid umur 4-6 tahun Pos PAUD Mekar Sari Kalibuko 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 6 murid terdiri dari 4 laki-laki dan 2 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, sdan dokumentasi. Analisis data deskriptif kualitatif yang merupakan penyajian data dalam tulisan dan penjelasan yang disajikan sesuai data yang sudah ada. Pengujian keabsahan data dengan cara tringulasi metode mengecek kebenaran data berdasarkan data yang diperoleh. Hasil Penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa pola asuh yang dikembangkan dalam kemandirian anak umur 4-6 tahun di Dusun Kalibuko 1 adalah pola asuh demokrasi pola asuh yang diterapkan dengan memprioritaskan kepentingan perkembangan anak tetapi dengan percaya diri tetap mengontrolnya, pola asuh permisif orang tua selalu menuruti segala keinginan anak atau sangat memanjakan anak. faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kemandirian anak usia dini ada 2 yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi: emosi, intelektual dan eksternal meliputi: lingkungan, karakter sosial, stimulus, pola asuh, pendidikan orangtua dan status pekerjaan. faktor pendukung kemandirian keluarga demokratis antara lain: emosi, intelektual,lingkungan, stimulus, pola asuh, status pekerjaan dan faktor penghambat antara lain: karakteristik sosial, lingkungan sekolah dan pendidikan orangtua. Faktor Pendukung keluarga permisif antara lain: karakteristik sosial, pendidikan orangtua, intelektual faktor penghambat antara lain: emosi, lingkungan, stimulus, pola asuh dan status pekerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Kemandirian , Anak Umur 4-6 Tahun
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 11:17
Last Modified: 16 Sep 2021 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44435

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum