ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU SISWA KELAS II TEMA 5 “PENGALAMANKU”

Tri Umiyati, NIM.: 14480007 (2021) ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU SISWA KELAS II TEMA 5 “PENGALAMANKU”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU SISWA KELAS II TEMA 5 “PENGALAMANKU”)
14480007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU SISWA KELAS II TEMA 5 “PENGALAMANKU”)
14480007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana muatan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku siswa kelas II tema 5 “pengalamanku” kurikulum 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui muatan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku siswa kelas II tema 5 “pengalamanku. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan muatan pendidikan karakter sebagai objek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik dokumentasi. metode analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang dikemukakan oleh Miler dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku siswa sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2013 yang terdiri dari tujuh karekter yaitu religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri. Persebaran antara nilai karakter yang satu dengan yang lainnya sudah merata tetapi jumlah persentasenya tidak sama. Pada nilai karakter religius persentasenya sebesar 12,5%. Besarnya persentasi untuk karakter jujur, santun dan peduli sama yaitu sebesar 29,16%. Nilai karakter disiplin persentasenya merupakan yang terendah yaitu sebesar 8,3%. Pada karakter tanggung jawab besar persentasenya yaitu 37,5%, dan untuk karakter percaya diri persentasenya yaitu sebesar 41,66%. Persentase nilai karakter percaya diri merupakan yang tertinggi, adapun yang terendah yaitu karakter disiplin. Jika nilai karakter diurutkan dari jumlah persentase tertinggi ke terendah yaitu percaya diri, peduli, tanggung jawab, santun dan jujur, religius, dan disiplin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Izzatin Kamala, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, buku siswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 11:25
Last Modified: 16 Sep 2021 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44436

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum