INTERNALISASI NILAI-NILAI IBADAH SHOLAT KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH SINDUREJO JUMO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

Isnaeni Hikmah, NIM.: 16480029 (2021) INTERNALISASI NILAI-NILAI IBADAH SHOLAT KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH SINDUREJO JUMO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI IBADAH SHOLAT KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH SINDUREJO JUMO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020)
16480029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI IBADAH SHOLAT KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH SINDUREJO JUMO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020)
16480029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Internalisasi merupakan penghayatan terhadap ajaran, nilai atau budaya pada diri seseorang sehingga ajaran, nilai tersebut menjadi bagian dari dirinya. Tujuan dari internalisasi nilai-nilai ibadah shalat adalah untuk menghayati lebih mendalam nilai-nilai ibadah shalat, sehingga akan menjadi sebuah kesadaran dan mengimplementasikan dalam kehidupan seharihari, serta untuk mengetahui faktor pendukung ataupun penghambat dalam proses internalisasi nilai-nilai ibadah shalat di kelas III MI Sindurejo Jumo. Adapun latar belakang penelitian ini adalah masih kurangnya penghayatan terhadap nilai-nilai ibadah shalat di kelas III. .Penelitian ini mengkaji permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana kegiatan shalat di kelas III MI Adipati Sindurejo Jumo Kabupaten Temanggung? (2) Apasajakah nilai-nilai yang muncul di kelas III setelah diadakannya kegiatan shalat di MI Adipati Sindurejo Jumo Kabupaten Temanggung?(3) serta faktor pendukung dan penghambat apa saja dalam proses internalisasi nilai-nilai ibadah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tentang studi kasus di MI Sindurejo Jumo Temanggung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini mencakup reduksi data, penyajian data, conclution. Adapun dengan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tenik triangulasi. Adapun narasumber adalah Kepala Madrasah, Wali kelas III, dan peserta didik kelas III MI Sindurejo Jumo Temanggung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : pertama, pelaksaan shalat Zuhur berjamaah rutin dilaksanakan disiang hari pukul 12.15 WIB dilakukan setelah azan berkumandang, dan shalat Duha dilaksanakan sesuai dengan jadwal dari kelas masing-masing seperti kelas III dilaksanakan pada hari Rabu dan Jum’at. Kedua, nilai-nilai ibadah shalat, religius, disiplin, bertanggung jawab, dan rasa ingin tahu. Ketiga, faktor pendukung meliputi : orang tua, kepala sekolah dan konsep pendidikan karakter, peran aktif guru dan wali kelas. Faktor penghambat : faktor lingkungan peserta didik, kondisi sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ichsan, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai, Nilai-Nilai Ibadah, Shalat
Subjects: Pendidikan > Filsafat Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Sep 2021 12:27
Last Modified: 16 Sep 2021 12:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44448

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum